sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Jumat, 01 Mei 2015

Menjadi Yang Terbaik



TES! Sabtu, 2 Mei 2015 besok adalah jadual Tes Seleksi Masuk calon mahasiswa STKIP Al Hikmah. Jum’at pagi hingga malam hari ini mulai berdatangan peserta dari luar kota dalam propinsi dan luar kota luar propinsi. Kayak trayek bus saja! Ya demikian tahap yang harus dilalui menjadi mahasiswa STKIP Al Hikmah beasiswa 100% selama 4 tahun. Mereka harus lolos tahap demi tahap mulai administrasi, tes tulis, psikotes, dan tes wawancara. Semua kegiatan itu merupakan bagian ikhtiar untuk mendapatkan guru yang bermutu. Tingginya mutu guru berbanding lurus dengan tingginya mutu siswa. Merupakan konsen dan komitmen STKIP Al Hikmah dan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al Hikmah membangun Bangsa.


Kami bersyukur hampir satu tahun STKIP Al Hikmah resmi beroperasi. Meskipun masih jauh dibandingkan perguruan tinggi lain yang senior dan punya nama. Pelan tapi pasti kami menapak masa depan menjadi PT yang bagus saat masih remaja. Insya’allah. Mulai perekrutan calon mahasiswa, perkuliahan, kegiatan di luar kuliah hingga lulus sudah mulai ditata meskipun belum sempurna. Demikian juga dengan para dosen didorong dan dilibatkan dalam peningkatan kualitas diri dan kualitas perkuliahan. Kemudian juga dilengkapi pula fasilitas-fasilitas yang membantu tercapainya mutu STKIP Al Hikmah. Pekerjaan dilakukan bersama. Tidak kenal lelah dan tidak kenal waktu. Proses di STKIP Al Hikmah 24 jam perkuliahan dan ma’had.

Waktu terus berjalan dan tidak mampu untuk dihentikan. Hari yang telah lewat sudah tidak dapat diperbaiki. Hari dan waktu berikutnyalah yang mungkin bisa bila berjumpa. Kemarin menjadi saham seperti apa hari ini dan hari yang akan datang. Pertanyaannya sekarang adalah saham seperti apakah yang telah ditanam? Saham yang menguntung atau merugikan. Saham yang ditanam sedikit atau banyak. Ataukah saham untuk jangka pendek atau jangka panjang?

Bagaimana kriteria saham yang baik untuk ditanam?

Pengembalian lebih baik
Dalam istilah keuangan adalah return on equity(ROE) tapi di sini yang dimaksud Pengembalian lebih baik(Return on The best) adalah usaha dan kontribusi dari seorang atau lebih yang memiliki dampak manfaat lebih luas dan jangka panjang. Contoh: karakter adalah sesuatu yang berharga dalam pembangunan jiwa dan perilaku seseorang. Alqur’an untuk bacaan & hafalan merupakan bekal dunia dan akherat. Kedua contoh tersebut dikembalikan berupa pahala dari Allah kepada yang menanam saham berlipat ganda.

Produk baru atau strategi baru
Terbukanya kesempatan beramal shaleh akan mendorong pula pada 2 hal yaitu produk baru dan strategi(cara) baru. Siapa yang mampu membuat produk baru dan strategi baru akan mendapat dividen berlipat ganda.
"Man Sanna Fi Islam Sunnatan Hasanatan Fa Lahu Ajruha Wa Ajru Man ‘Amila Biha..dst dst"
artinya :
"Siapa yang memulai membuat contoh kebaikan dalam Islam maka ia mendapat pahala perbuatannya dan pahala orang-orang yang mengikuti (meniru) perbuatannya itu ..".
"Sanna" di sini artinya : membuat atau mengadakan.

Kontinuitas atau ajeg
Dalam mengerjakan amal shaleh tidak diharapkan fluktuasinya antara titik terendah dan titik tertinggi jaraknya jauh. Bukan demikian harapannya. Tapi kehandalan dan keistiqomahan menjadi keutamaan dalam beramal shaleh.

Berjamaah
Dalam mengemban amanah agar sukses dan bernilai ibadah tinggi, maka pelaksanaannya bukan hanya bekerja bersama, kerjasama tetapi juga berjamaah(serempak/kompak). Sebagai ilustrasi ya shalat berjamaah. Ada imam dan ada makmum dalam satu komando.
Seseorang yang akan menjadi pribadi yang lebih baik saat ia mau dengan suka rela berkorban. Itu adalah bentuk jihad(kesungguhan) membangun masa depan. Semakin besar pengorbanan yang diberikan semakin besar pula balasan yang didapatkannya.

Bagaimana menjadi yang terbaik itu?
“Diri yang bukan hanya cerdas dan berakhlak tapi juga berkepedulian akan umat”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar