sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Minggu, 30 Agustus 2015

Tip Menjadi Guru yang Produktif



Banyak buku yang membahas tentang bagaimana menjadi guru yang baik, guru yang hebat, guru yang inspiratif dan guru-guru yang….lain.  Seseorang ingin menjadi guru seperti apa adalah langkah yang lebih baik dari pada tidak menjadi apa-apa. Alias menjadi guru biasa-biasa saja. Namanya bekerja hanya biasa-biasa saja maka belum ada bukti hasilnya luar biasa. Ingat bahwa bekerja dengan all out akan berbanding lurus dengan hasil yang lebih baik. Maka semua guru hendaklah mengambil peran guru yang produktif di bidangnya. Yaitu guru yang selalu meningkatkan kualitas untuk berprestasi di bidang pendidikan.


1.Meluruskan niat. Untuk apa kita menjadi guru? Kekayaan? Pekerjaan sampingan? Atau Pengabdian? Jika kekayaan yang dipilih itu salah mustinya pengusaha. Bila pekerjaan sampingan yang dipilih maka tidak ada manfaatnya. Dan jika pengabdian yang dipilih maka insya’allah itu niat yang lebih tepat.

2.Menjaga konsistensi dalam kerja. Tidak cukup niat yang benar kalau dalam pelaksanaannya tidak tepat. Tentu hasilnya tidak sesuai harapan. Banyak mendengar respon orang lain tentang pekerjaannya sudah baik atau belum. Bila belum baik segera perbaiki agar hasilnya optimal.

3.Meningkatkan kemampuan diri secara mandiri. Tidak perlu menunggu untuk maju. Lakukan langkah-langkah pribadi menjadi guru yang hebat. Baik kompetensi maupun komitmen sebagai guru. Keduanya ditingkatkan untuk menghasilkan siswa yang berprestasi dan berkembang secara optimal.

4.Memiliki komunitas yang sehat dalam pendidikan. Tidak semua yang sesama profesi memiliki komitmen yang sama. Guru akan tumbuh dengan baik jika berada dalam komunitas yang sehat. Artinya sama-sama bertekad seluruh kemampuannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

5.Menjaga hubungan yang baik dengan Allah dan manusia. Guru harus mampu menjadikan dirinya baik secara spiritual maupun hubungan antar sesama. Kedua energy antara energy langit dan energy bumi tidak boleh dipisahkan. Keduanya ini kekuatan besar yang menjadikan sukses dalam hidup.
Kelima tip diatas silakan dipraktekan insya’allah akan ada perubahan yang sangat berarti dalam pendidikan. Mulai dari diri sendiri. Dari sesuatu yang dapat dilakukan.  Mulai saat ini juga.
+++
“Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, tetapi hebat dalam tindakan”
-Steve Jobs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar