sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Kamis, 13 Agustus 2015

Menjaga Nilai-Nilai Pendidikan(3)



Selanjutnya…
Semangat kebangsaan
Sebagai warga Negara kita sudah selayaknya memiliki semangat kebangsaan. Karena semangat kebangsaan akan mendorong kepada mengedepankan urusan bangsa(=rakyat) Indonesia. Kepentingan individu dan kelompok bukan alternative pertama. Oleh karenanya, masing-masing perlu memiliki wawasan yang luas tentang kebangsaan.

Cinta tanah air
Demikian juga tentang cinta tanah air. Bangsa Indonesia haruslah menyadari akan keberadaan atau kedaulatan tanah air Indonesia ini tergantung pada kita, warga Indonesia. Kita tidak berharap tanah air ini rusak, tidak beradab, mundur dan dijajah. Untuk itu, wajiblah mengangkat harkat dan martabat bangsa ini ke pentas dunia dengan karya nyata. Yaitu kemajuan, kemakmuran dan keberadaban.
Kedua nilai pendidikan di atas dapat ditanamkan di sekolah-sekolah sejak dini.
Menghargai prestasi
Dalam pendidikan anak-anak diberi kesempatan dan didorong untuk berprestasi. Motivasi dan bimbingan terus-menerus akan membantunya meraih prestasi. Prestasi apapun yang didapat anak-anak hendaknya mendapat apresiasi, agar tetap memiliki semangat untuk berprestasi. Diantara upaya yang dilakukan adalah:
Latihan, kerja keras, pantang menyerah dan semangat berdoa
Bersahabat/komunikatif
Perbedaan kepentingan dan karakter individu-individu tidak boleh menghalangi untuk persahabatan. Kelebihan dan kekurangan menjadi bagian untuk saling memahami dan melengkapi, sehingga keberadaan masing-masing diperlukan. Orang yang baik adalah orang yang bermanfaat bagi yang lain.
Cinta damai
Sifat kurang baik dari manusia pastilah ada. Salah satunya suka bertengkar dan berselisih paham. Kedua sifat ini akan merusak tatanan dalam masyarakat kalau tidak dapat dikendalikan. Masing-masing individu harus saling membangun sikap cinta damai. Sikap seperti itu akan memberi kesempatan kepada semua untuk lebih produktif dan saling menghargai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar