sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Sabtu, 22 Agustus 2015

Menjaga Nilai-Nilai Pendidikan(4 habis)



 Gemar membaca


Keterampilan yang manusia harus memiliki adalah membaca. Dengan membaca banyak pengetahuan dan keterampilan otak terasah. Pengetahuan dan keterampilan tersebut akan membantu yang bersangkutan lebih produktif. Baik dalam pemahaman maupun komunikasi tulis dan lisan.


Cara yang sederhana untuk gemar membaca ya mulai membaca meskipun diawal berat. Teruslah membaca. Kunjungi perpustakaan lalu pinjam buku. Datangi toko buku untuk beli buku yang menarik. Baca buku sama dengan makan setiap hari. Coba rasakan perbedaannya?

Peduli Lingkungan
Merusak jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan membangun. Masih banyak orang tidak sadar bahwa keberadaannya di bumi ini untuk menjaga dan mengelola agar bumi lestari. Diambil manfaatnya untuk kesejahteraan manusia tanpa merusak lingkungan. Namun pada kenyataannya tidaklah demikian. Akibat keserakahan dan kesewenangan manusia yang merasa lebih kuasa.

Untuk memutus generasi lama yang suka merusak lingkungan maka remaja dan anak-anak menjadi pionernya. Merekalah yang nanti akan menciptakan lingkungan yang asri dan sehat.

Bagaimana cara menumbuhkan anak – anak agar tumbuh peduli lingkungan?
1.Ajak ketempat-tempat konservasi yang memotivasinya.
2.Coba dibimbing untuk menanam tanaman di sekitar rumah.
3.Dibiasakan dialog yang akrab tentang lingkungan.
4.Diberi tanggungjawab untuk merawat tanaman.
5.Diberi tugas untuk memperbaiki lingkungan yang kotor dan rusak.

Peduli Sosial
Setiap dari kita tidak bisa lepas dari orang lain. Hidup selalu bersama orang lain karena kita adalah makhluk social. Sebagai makhluk social sudah seharusnya memiliki kepekaan dan tanggungjawab dengan warga yang lain. Perilaku dan tanggungjawab apa yang dapat dilakukan?

  1. Saling menghormati dan menyayangi
  2. Saling tolong-menolong
  3. Suka kerjasama dan gotong royong
  4. Tunjukan kepedulian atas sesame


Tanggungjawab
Orang yang sudah dewasa dituntut untuk berani bertanggungjawab. Karena sikap tanggungjawab menjadi ukuran apakah ia sudah dewasa atau belum. Bahkan Allah mewajibkan ibadah kepada manusia setelah akil baliq. Manusia yang sudah akil baliq berarti neraka dan surga menjadi tanggungjawab masing-masing.
 
Orang yang memiliki tanggungjawab tinggi akan komitmen laksanakan tugas sampai tuntas. Tidak menunda-nunda pekerjaan.  Juga tidak menyia-nyiakan tugas yang diemban. Dan sampaikan kepada yang memberi tanggungjawab bila mendapat kesulitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar