sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Rabu, 15 April 2015

UN dan Pancasila



UN dan Pancasila? Adakah hubungan dari keduanya? Ya sebenarnya sih enggak ada…!? lalu kenapa pakai disandingkan jika tidak ada? Mau cari lead tulisan saja awalnya dan kebetulan saat ini sedang berlangsung UN secara serentak baik CBT maupun PBT. UN saat ini memang tidak seheboh waktu yang lalu sebagai penentu kelulusan. Para siswa dalam mempersiapkan UN terasa kurang daya juangnya. Memang UN sebagai penentu kelulusan menjadi perdebatan panjang. Bagi yang setuju UN sebagai penentu kelulusan adalah untuk meningkatkan dan mengetahui kualitas sekolah. Sementara bagi yang tidak setuju adalah kalau ingin mengetahui kualitas sekolah mengapa musti menjadi penentu kelulusan siswa. Masak belajar bertahun-tahun hanya dinilai berhasil/lulus dengan UN saja?



Pengertian Ujian Akhir Nasional Ujian Akhir Nasional (UAN)

Adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Instansi terkait untuk menentukan lulus tidaknya semua peserta didik baik dari SD/MI, SMP/MTs. MA/SMU/SMK yang standar kelulusannya sudah ditentukan oleh BSNP. www.academia.edu

Tujuan diadakan Ujian Nasional (UN)
Menurut Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 153/U/2003 Tentang Ujian Akhir Nasional Tahun Pelajaran 2003/2004 bahwa tujuan dan fungsi ujian nasional seperti yang tercantum dalam SK Mendiknas 153/U/2003 yaitu:
 

Tujuan Ujian Nasional (Pasal 2):
Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
Mengukur mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.
 

Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan secara nasional, propinsi, kabupaten/kota, sekolah/madrasah, dan kepada masyarakat.
Dalam Permen Diknas Nomor 77 tahun 2008 tanggal 5 Desember 2008 dinyatakan bahwa UN adalah untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.


Pengertian Pancasila

Adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. id.wikipedia.org


Tujuan Pendidikan Pancasila

Tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung  jawab.


Tujuan Pendidikan Pancasila adalah dapat memahami, menghayati dan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sebagai warga Negara RI yang berjiwa Pancasila.

Jadi nilai-nilai yang terdapat dalam dasar Negara kita inilah yang menjadi target utama pendidikan. 

Apa artinya sebuah pendidikan yang berlangsung bertahun-tahun tapi tidak ada jiwanya. Mati,kan? Pendidikan yang berhasil manakala mampu menghidupkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Dan selanjutnya nilai-nilai itu menjadi pedoman hidup sehari-hari sebagai warga Negara.


Berjiwa Pancasila yang diterjemahkan ke dalam tujuan pendidikan nasional adalah berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung  jawab. Ketujuh nilai tersebut merupakan ajaran yang Allah sampaikan kepada umat manusia. Jika meraka melakukan ke-7 nilai dengan diniatkan karena Allah sebagai orang yang beriman dan bertakwa maka tercapailah tujuan pendidikan Pancasila.


Pertanyaan sebagai cermin bagi kita semua adalah…

  1. Sudahkah UN dilaksanakan dengan penuh kejujuran?(=akhlak mulia)
  2. Apakah siswa-siswi kita benar-benar sudah berilmu yang cukup kehidupannya?(=berilmu)
  3. Sudahkan siswa-siswi kita tumbuh dengan sehat, baik fisik maupun mental?(=sehat)
  4. Adakah anak-anak memiliki kecakapan sebagai bekal kehidupannya?(=cakap)
  5. Tercapaikan di akhir jenjang pendidikan siswa-siswi kita tumbuh menjadi kreatif dan mandiri? Berapa proseskah?(=kreatif mandiri)
  6. Sudah tumbuhkan sikap demokratis anak-anak kita hingga akhir pendidikan di SMA ini?(=demokratis)
  7. Apakah siswa-siswi memiliki tanggungjawab tinggi sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga Negara?(=tanggungjawab)

UN dan Pancasila sebenarnya secara langsung tidaklah Nampak hubungannya. Namun, nilai-nilai Pancasila yang dituangkan kedalam tujuan pendidikan nasional kita dapat dihubungkan. Bukankah lulusan SMA merupakan profil ketercapaian kualifikasi peserta didik menurut tujuan pendidikan nasional?

+++

Maka jika dalam pelaksanaan UN selama ini diciderai dengan bentuk-bentuk kecurangan, sebenarnya telah menciderai juga Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia. Meskipun hal ini sering kali tidak disadari oleh kita para pendidik, karena tujuan jangka pendek dan kuatnya pengaruh tata nilai dari barat. Semoga tugas berat para pendidik dalam mewariskan nilai-nilai kepada generasi penerus tetap berkobar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar