sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Rabu, 30 September 2015

Diminta ataupun Tidak



Pendidikan yang maju atau berkualitas terletak pada para guru yang memiliki peran paling penting. Dikatakan demikian karena mereka berada pada garis depan membangun peserta didik menjadi manusia unggul. Tidak setiap profesi memiliki kesempatan meng-install,meng-upgrade dan me-maintenance anak-anak secara jamaah dan resmi  seperti di sekolah. Lembaga sekolah tempat peserta didik dibangun kepribadiannya, pemikirannya, dan kehidupan sosialnya. Dalam jangka 12 tahun sampai 14 tahun anak-anak mengenyam pendidikan akan sia-sia bila yang diperoleh di lembaga sekolah kurang membantu untuk kehidupannya ke depan. Lalu kepada siapa masa depan mereka disandarkan dan dipertaruhkan?

Amanah atau tugas pendidik yang mulia seperti di atas tidak boleh dibiarkan berlalu begitu saja. Konsekuensi “Investasi” sangat besar untuk 12-14 tahun tersebut. Bukan hanya uang saja(materi) tapi non materi juga jauh lebih besar. Untuk itu diminta maupun tidak hendaknya para pendidik mampu berkontribusi maksimalkan dalam dunia pendidikan. Apa saja yang dapat dikontribusikan pada mereka para peserta didik?

Berikut poin-poin penting yang dapat disumbangkan kepada mereka:

  1. Membangun kepribadian yang tangguh untuk menghadapi gelombang peradaban yang cepat berubah.
  2. Mendorong dan melatihnya pada penguasaan ilmu yang diperlukan.
  3. Membekali spiritual yang baik untuk menjaga kehidupan baik dunia mapun akherat.
  4. Menginspirasi dan memotivasi untuk terus berkembang dimanapun dan kapanpun.
  5. Menyadarkan untuk selalu berkontribusi untuk bangsa dan agama sebagai warisan hidup dan bekal pengabdian kepada-Nya.

Kelima tugas penting tersebut menjadi amanah kita bersama para guru untuk membangun bangsa ini baik diminta maupun tidak. Semoga Allah memberi kekuatan dan kemudahan melaksanakan amanah sebagai guru dan pendidik bangsa.Amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar