sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Sabtu, 26 September 2015

Shubuh Berjamaah



“Totalitas diri pada apa yang diimani berbanding lurus dengan komitmen yang dibangunnya” –heri miarto


Tepat tanggal 23 Agustus bulan lalu menjadi hari kelahiranku. Sebenarnya tidak ada istimewanya sih dari tahun ke tahun. Hanya saat itu bertepatan dengan launching Sholat Shubuh berjamaah. Yang pelaksanaannya di masjid Al Falah Surabaya. Penceramah saat itu adalah Ustadz Fadlan dari Papua. Mengapa saya katakan istimewa? Ya karena bisa mengingatkan pada diri ini untuk menjaga sholat Shubuh berjamaah di masjid. Mengapa harus sholat Subuh? Bukankah yang lain juga sholat wajib, Dhuhur, Ashr, Maghrib dan Isya’? Benar. Tapi memang khusus untuk sholat Subuh memiliki keistimewaan tersendiri.


Orang Israel bilang: di dalam kitab kami (Kitab Taurat) ada tertulis Jika diseluruh dunia jumlah orang Islam yang hadir untuk solat subuh berjamaah di masjid sama banyak dengan jumlah jamaah solat Jumat, maka saat itu Israel akan hancur.



Kita semua tahu tentang Israel. Orang-orang Israel telah menguasai dunia dengan menguasai Amerika & PBB. Sungguh aneh standar penilaian terorisme yang diterapkan baik Amerika maupun PBB. Semua yang dilakukan Israel membumi hanguskan Palestina dianggap sebagai membalas penyerangan.sah-sah saja. Perbuatan biadab. Padahal sudah merebut tanah air dan menjajah justru orang-orang Palestina yang menuntut haknya disebut teroris. Sungguh aneh!


Untuk itu kaum muslimin haruslah sadar bahwa salah satu perjuangan yang kita semua tegakkan dimulai dari sholat berjamaah, terutama sholat Subuh di masjid. Menjalankan sholat Subuh berjamaah di masjid menunjukan sebuah komitmen yang tinggi sebagai seorang yang beriman.


Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'.QS.2.238


Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).QS17.78

Perintah Allah di atas hendaklah menjadi prioritas utama usaha untuk akherat kita. Maka perintah-Nya:


Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.QS.59.18


Akhirat adalah tujuan utama kita semua. Karena tujuan utama maka kesungguhan upaya kearah itu haruslah dilakukan. Tanpa upaya keras tidak akan digapai kebahagiaan akhirat. No pain no gain.


Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik.QS.17.19


Jadi sholat Subuh berjamaah adalah awal perjuangan mengangkat derajat kaum muslimin di mata kaum dan umat lain di muka bumi ini. Semoga hasil perjuangan ini segera datang sehingga orang-orang Israel takluk dan mengakui kekuatan Islam, termasuk umat nasrani. Apabila Islam kuat maka tata kehidupan akan diatur menurut syareat-Nya. Syareat yang mampu mengatur tata hubungan antara umat satu dengan umat lain, meskipun mereka tidak beribadah kepada Allah.


Dari sholat Subuh berjamaah di masjid insyaallah akan tercipta rahmatan lilalamin.Allahu Akbar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar