sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Selasa, 30 Juni 2015

Ayo Investasi!



“Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa'at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.”QS.al-Baqarah(2).254

Melalui ayat diatas Allah SWT mengingatkan kaum beriman. Tepatnya di ayat 254 surat al-Baqarah tentang jual beli. Kaum beriman dipesan agar tidak lupa(=menganggap penting) akan hal jual beli dengan Allah. Allah pula memberi tenggat waktu agar segera berinvestasi. Karena masing-masing kita tidak tahu kapan batas akhir hidup. Bisa kapan saja. Allah yang lebih tahu. Inilah perkara yang paling penting dalam hidup. Tiada pertolongan dari siapapun bagi orang yang tidak berinvestasi!  Ini bukan sembarang investasi. Memang investasi disini adalah berinfak di dunia untuk memperoleh kemulyaan hidup di akherat. Bukan kemulyaan di dunia! Karena di dunia itu semu tiada abadi.


+++
Berbicara tentang investasi sebagaimana yang disebut Rivai(2014) bahwa yang penting investasi sumber daya manusia. Ini adalah peran strategis suatu bangsa dalam membangun SDM yang bermutu. Dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 menyebutkan bahwa hakekat pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Jadi investasi agar potensi diri berkembang yang seharusnya menjadi perhatian kita semua.

Dalam pengembangan potensi diri tidak ada salahnya berkaca pada Ohio State University(USA). Bagaimana mereka membangun potensi peserta didik agar kreativitasnya meningkat? Dalam buku berjudul The Economics of Education karya Prof.Dr. Veithzal Rivai Zainal dkk menyebutkan diantaranya:

1.Program Visiting Scholar
Program seperti ini juga dikembangkan di STKIP Al Hikmah yaitu masuk kelas (sekolah lab.jenjang SMP & SMA)mengamati guru-guru senior mengajar. Program ini disebut sit in(internship) dan induksi guru senior(IGS) agar para mahasiswa langsung tune in dengan dunia pendidikan. Menugaskan kepada para mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan dengan mahasiswa kampus lain. Mengikuti seminar dan bimbingan dari DPA.

2.Belajar budaya
Di program STKIP Al Hikmah masuk daya juang. Dengan asumsi bahwa jika seseorang telah kokoh daya juangnya maka dalam kondisi apapun akan servive tumbuh dirinya menjadi yang terbaik. Pembangunannya melalui kebiasaan membaca dan keterampilan menulis. Kedua kebiasaan ini didorong agar menjadi budaya yang akan terus hidup dan tumbuh di STKIP Al hikmah. Pengingatnya: bagaimana guru dapat tumbuh terus jiwanya jika tidak mau membaca? Dan Warisan apa yang guru akan tinggalkan jita bukan karya tulisnya?

Sebagai PT baru bertekad untuk terus improve menjadi penghasil guru yang kompetitif di abad 21. Maka sistem harus dibangun dengan kuat. Mengutip Juran(1992) bahwa perlu raising quality performance to unprecedented level(breakthrough). There are universal steps:


  • Establish the infrastructure for improvement
  • Identify needs for improvement
  • Establish a project team
  • Provide the resources, motivation and training.
Upaya yang dibangun di atas diharapkan melahirkan guru-guru yang cerdas dan berakhlak baik. Dengan guru yang demikian maka lahir siswa-siswa cerdas dan berbudi. Inilah investasi akherat ibadur Rahman!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar