sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Jumat, 19 Desember 2014

Untukmu Indonesia



Hari ini Jum’at, 19 Desember 2014 kami tim STKIP Al Hikmah mendapat jadual presentasi di MAN Sidoarjo. Poin-poin presentasi adalah STKIP Al Hikmah memiliki 2 prodi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika; Program S1 dan Ma’had, Beasiswa 100% selama 4 tahun baik Ma’had maupun perkuliahan ; Tes dilaksanakan 2 Mei 2015; Syarat menjadi calon mahasiswa adalah cerdas dan minat menjadi guru serta kualifikasi lulusan.

Pada presentasi saya biasa mengawali dengan memberi motivasi tentang:

Ayo semangat menjadi pemuda banyak karya!
Sukses UN 100% dengan nilai terbaik. Jujur lho..!
Semangat belajar dan berjuang menunjukan bakti ortu.
Tetap SEMANGAT PAGI!
Calon mahasiswa STKIP Al Hikmah HANYA 2 syaratnya! Apa itu……..?
CERDAS DAN MINAT JADI GURU.


Kedua syarat itulah yang dicari Tim PMB STKIP Al Hikmah siswa-siswa kelas XII SMA, MA dan SMK di seluruh pelosok daerah di Jatim. Panitia hanya menerima 50 calon mahasiswa untuk kedua prodi, tidak banyak!

CERDAS
Mengapa harus cerdas mahasiswa STKIP Al Hikmah? Bangsa Indonesia yang sudah berusia 69 tahun masih belum lepas dari persoalan yang mendasar. AMANAH!

Jika saja bangsa ini dipimpin oleh pemimpin-pemimpin yang amanah insyallah tidak lama Indonesia akan maju. Adil dan makmur bisa terwujud dengan se-izin-Nya. Potensi kekayaan yang begitu besar rasa-rasanya tidak mempunyai arti apa-apa di tangan orang-orang yang tidak amanah. Korupsi terjadi dari tingkat RT sampai DPR. Uang rakyat tiryunan menguap tidak jelas kemana rimbanya. Belum lagi kejahatan narkoba, minum-minuman keras, dan pelecehan seksual dari anak-anak sampai pejabat terjadi saben hari. Lengkap sudah cerita INDONESIA RAYA ini!

Mencari lulusan SLTA yang cerdas baik kognitif dan sikap tidaklah mudah. Padahal STKIP Al Hikmah itu lulusannya harus memiliki kecerdasan IQ,EQ & SQ untuk menghadapi MEA 2015 dan abad 21. Kecerdasan calon mahasiswa nantinya akan diketahui melalui Psikotes dan Tes Akademik.

Minat Jadi Guru
Syarat yang kedua adalah minat. Anak cerdas memang banyak di beberapa tempat ketika saya dan tim presentasi pertanyaan dan jawaban logis dan kritis. Namun…, mereka tidak minat menjadi GURU! Mengapa ? Anak cerdas selalu memilih Kedokteran, Hukum dan Teknik. Lebih-lebih bila ada uang, sudah dapat dipastikan tidak akan jadi GURU!

Guru menjadi pilihan terakhir dan terpaksa ketika sudah tidak diterima di PT yang diinginkan. Kenyataan seperti ini sudah menjadi fenomena di banyak tempat, lebih-lebih sekolah di kota. Oleh karena itu, apa artinya cerdas kalau mereka tidak minat menjadi guru? Padahal pendidikan di Indonesia ini sangat membutuhkan guru-guru yang cerdas dan berakhlak mulia. Komitmen menjadi guru saat tes wawancara tanggal 5 Mei 2015 akan dapat diketahui.

Dari guru-guru yang cerdas dan berakhlak mulia akan melahirkan murid-murid yang cerdas dan berakhlak mulia pula. Murid-murid cerdas dan berakhlak mulia akan menyumbangkan SDM-SDM berkualitas untuk membangun Indonesia. Indonesia akan maju setara dengan bangsa-bangsa lain di dunia dengan SDM yang berkualitas.

STKIP Al Hikmah memberi beasiswa 100% bagi 50 mahasiswa selama 4 tahun perkuliahan dan ma’had. Ikhtiar ini diharapkan memberi sumbangan yang besar untuk bangsa dan tanah air tercinta Indonesia. Bismillah LULUSAN STKIP AL HIKMAH UNTUK BANGSA.

1 komentar:

  1. dan selalu kami berdo'a bahwa kami semua tidak akan mengecewakan para guru dan atasan yang telah memberikan amanah besar ini kepada kita semua. .. .

    BalasHapus