sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Senin, 29 Desember 2014

Character Matters! (lanjutan-4)



Syukur

Arti bersyukur adalah
Ibnu `Abbas menceritakan, Rasulullah bersabda,
"Orang pertama yang akan dipanggil untuk masuk surga adalah orang-orang yang senantiasa memanjatkan puji syukur kepada Allah,yaitu orang- orang yang senantiasa memuji Allah dalam keadaan lapang dan dalam keadaan  sempit"
(Tanbihul Ghafilin 197)

Allah swt berfirman dalam Al Qur'an surat Ibrahim ayat 7 yang artinya:
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Aku akan menambah nikmat-Ku kepadamu dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, sesungguhnya azab- Ku sangat pedih."


Dalam ayat ini Allah swt bahkan telah menjanjikan akan menambah nikmatnya  bagi siapapun yang bs bersyukur.
Kata "syukur" adalah kata yang berasal dari bahasa Arab. Kata ini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai: (1 ) rasa terima kasih kepada Allah, dan (2) untunglah (menyatakan lega, senang, dan sebagainya).

Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji."QS.Luqman(31).12

Orang yang bersyukur berarti orang yang memiliki jiwa yang sehat, energi positif sehingga Allah pun akan menambah nikmat kepada orang tersebut. Sebaliknya, orang yang kufur mengotori jiwa bagaikan racun dan Allah akan memberi azab yang pedih. Orang yang tidak bersyukur hidup dipenuhi dengan kekecewaan, pesimis, mengeluh, dan mudah menyerah. Pantas kalau orang seperti ini jauh dari rahmat Allah SWT.

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."QS.Ibrahim(14).7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar