sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Senin, 29 Desember 2014

Character Matters(lanjutan-3)



Integritas
Kata ini berasal dari kata sifat Latin integer bermakna utuh atau lengkap. Yang mengandung maksud  adalah rasa suasana kebatinan dan keutuhan yang berasal dari kualitas seperti kejujuran dan konsistensi karakter. Maksud yang lain menjelaskan bahwa suatu konsep yang menunjukan konsistensi  antara tindakan dengan nilai dan prinsip. Atau arti lain sebagai kejujuran dan kebenaran dari tindakan seseorang.

KBBI. in·teg·ri·tas n mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yg utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg memancarkan kewibawaan; kejujuran;
-- nasional wujud keutuhan prinsip moral dan etika bangsa dl kehidupan bernegara


Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.”QS.al-Anfal(8).24

Seseorang yang sudah bersyahadat(bersaksi) dua kalimah syahadat maka harus ia memiliki kesadaran yang benar sesuai dengan apa yang dipersaksikan. Maka nilai yang menjadi tindakan adalah contohnya:

  • Allah  yang berhak diibadahi maka tidak boleh ibadah ke yang lain
  • Pekerja yang baik harus jujur dalam setiap tindakannya
  • Menjadi orang yang mulia harus menjaga tindakan tetap mulia dimanapun kapanpun

Simpulan dalam agama adalah iman yaitu keutuhan terhadap apa yang diyakini, diucapkan dan dilakukan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitabnya Al ‘Aqidah Al Wasithiyyah di mana beliau berkata,

Fasal: Di antara pokok akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, bahwa agama dan iman terdiri dari: perkataan dan amalan, perkataan hati dan lisan, amalan hati, lisan dan anggota badan. Iman itu bisa bertambah dengan melakukan ketaatan dan bisa berkurang karena maksiat.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar