sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Senin, 29 Desember 2014

Be faster (habis)



Do’a Orangtua

Keberadaan kita di dunia ini berawal dari pertemuan kedua orangtua sebagai pasangan suami istri. Maka, sebagai anak shaleh sudah sepantasnya memperlakukan mereka berdua dengan penuh ketaatan-asal tidak bertentangan dengan ayat-ayatnya-Nya” dan penghormatan. Ketaatan dan penghormatan(=berbuat baik) merupakan perintah Allah SWT. Bila dari kita tidak menunaikan maka kita mendapat dosa besar.


Perintah Berbuat Baik
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”QS.al-Isra’(17).23

Ucap yang lemah-lembut
Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." QS.al-Isra’(17).24

Perintah Berbuat Baik & Bersyukur
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”QS.Luqman(31).14 Semua santriwan-santriwati

Bijaksana(tidak mengikuti hawa nafsu)
 Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” QS.Luqman(31).14


  • Tetap Menghormatinya
  • Tidak Taat(=syirik & dzat lain yang dianggap keramat)
  • Birruwalidain(berbuat baik)
  • Taat selama tidak bertentangan dengan Allah SWT


Do’a orangtua(terutama ibu) menjadi harapan anak-anak untuk kesuksesan. Oleh karena itu anak haruslah menjalin hubungan yang baik dengan orangtua dan minta do’a mereka. Ridlo Allah karena ridlo dari orangtua juga.

“Dari Abdullah Ibnu Amar al-’Ash Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Keridloan Allah tergantung kepada keridloan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua.” Riwayat Tirmidzi. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban dan Hakim.”

“Abu Hurairoh juga meriwayatkan, bahwa ada seorang lelaki menghadap Rasulullah SAW. Untuk menayakan siapakah orang yang lebih patut dilakukan persahabatan dengan baik? Maka jawab Rasulullah SAW. Ibumu. Kemudian ia pun bertanya lagi : lalu siapa lagi? Jawab beliau tetap : Ibumu. Lalu ia bertanya lagi: Lalu siapa lagi: Maka kali ini jawab beliau: Ayahmu” ( HR. Bukhari dan Muslim – Riyadhush Shalihin 9/319 )

Nikah Muda
Zaman sekarang banyak godaan berkaitan dengan masalah lawan jenis, terutama perempuan. Norma ketimuran dan agama sudah diganti dengan gaya hidup yang permisif dan kebebasan. Perempuan lebih suka menonjolkan aurat ketimbang menutup agar lebih sopan. Hal ini menjadi pintu pembuka berbuat dosa yang lebih besar. Belum lagi dengan nyanyian dengan lirik yang tidak bermutu dengan bumbu goyang yang binal menjadi penambah sempurna pintu terbuka untuk maksiat.

Manakah rayuan-godaan- yang paling dahsyat setan atau wanita? Wanita!jawabnya

Anak-anak remaja menjadi galau tak punya prinsip hidup yang kuat-karena kurang belajar masalah iman(=agama).  Untuk itu, alternative yang terbaik adalah menikah muda sebagai solusinya. Manfaat menikah muda adalah:

  • Selamat dari berbuat maksiat(dosa)
  • Lebih focus dan tidak banyak berfantasi
  • Mendatangkan rezeki
  • Meningkatkan kedewasaan/kematangan
  • Produktifitas berkeluarga lebih panjang

“Menikah adalah sunnahku. Barangsiapa yang enggan melaksanakan sunnahku, maka ia bukan dari golonganku. Menikahlah kalian! Karena sesungguhnya aku berbangga dengan banyaknya jumlah kalian di hadapan seluruh ummat. Barangsiapa memiliki kemampuan (untuk menikah), maka menikahlah. Dan barangsiapa yang belum mampu, hendaklah ia berpuasa karena puasa itu adalah perisai baginya (dari berbagai syahwat).

“Menikahlah, karena sungguh aku akan membanggakan jumlah kalian kepada ummat-ummat lainnya pada hari Kiamat. Dan janganlah kalian menyerupai para pendeta Nasrani.”

http://almanhaj.or.id/content/3234/slash/0/pernikahan-adalah-fitrah-bagi-manusia/

Manfaat menikah muda (20 - 25 tahun) diatas tidak akan terasa nikmat dan berhasil jika tanpa niat kuat, komitmen ibadah karena Allah SWT. Jadi 7 langkah diatas menjadi pemercepat Allah mendatangkan kesuksesan hidup seseorang baik di dunia maupun di akherat, insya’allah. amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar