sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Selasa, 16 Desember 2014

PositiveThink HealthyBrain



Tulisan ini terinspirasi dari buku berjudul “Positive Intelligence”(PQ) karya SHIRZAD CHAMINE. Sebagaimana tulisan yang saya poskan sebelum-sebelumnya, al-Qur’an telah mengingatkan akan kekuatan manusia dalam hal ini, OTAK! Kehebatannya haruslah dikendalikan oleh kusir yang hebat, cerdas dan berakhlak baik. Hidupnya bergantung hanya pada Allah semata. Sudah banyak pula pakar menguraikan kehebatan otak. Bagaimana neuron-neuron bekerja dan bagaimana meningkatkan kecerdasan otak? Berikut alamat artikel yang dapat dibaca:
http://www.sridianti.com/bagaimana-cara-kerja-sistem-saraf.html



Kita dikatakan memiliki otak yang mampu menampung 100 milyar bit informasi, setara dengan 500 ensiklopedia digabung jadi satu.
Kalau begitu kenapa kita masih saja sering sulit untuk mengingat sesuatu?
Pikiran kita bergerak sangat cepat, secepat 300 mil per jam. Itu jauh lebih cepat dari bullet train tercepat yang ada saat ini di dunia.
Kalau demikian, kenapa kita masih sering lelet dan lambat mikir?
Otak kita mampu menghubungkan lebih dari 1 triliun kemungkinan yang terkait satu sama lain.
Kalau begitu kenapa kita masih serin sulit memahami?
Why aren't we better at understanding, when our brains have more over trillion possible connections? Otak kita juga sanggup menghubungkan lebih dari 1 triliun kemungkinan yang saling berhubungan.
Setiap manusia rata-rata memperoleh 4000 ide per hari. Kalau ada ide sebanyak itu yang hadir di depan kita setiap harinya, kenapa kita masih saja mengeluh sulit mendapatkan peluang dan merasa tidak cukup kreatif?

Isaac Asimov memberikan pertanyaan-pertanyaan dalam setiap poin yang ia peroleh dari penelitiannya. Why aren't be better learners when we have 200 billion cells? Why aren't we better at remembering when our brains are capable of retaining about 100 billion bits of information? Why aren't we faster thinkers when our thoughts can travel at more than 300 miles/hour? Why aren't we better at understanding when our brains have over trillion possible connections? Why aren't we more creative, when we get the average of 4000 thoughts every 24 hours?
 
Ini adalah pertanyaan-pertanyaan mendasar yang akan terlihat lebih mencengangkan setelah melihat hasil penelitian si profesor, mengingat semua ini masih saja ditemukan diantara banyak manusia meski fakta dahsyat dan ajaibnya otak diciptakan Tuhan sudah terbukti secara ilmiah. Baca: http://www.renunganharianonline.com/2014/10/hebatnya-otak-sebagai-bukti-betapa.html

Seyogyalah kita semua menyadari akan asupan yang diberikan kedalam otak. Adalah sesuatu yang membangun jiwa dan raga dengan informasi atau pengetahuan yang positif(=membangun).
Allah SWT menyampaikan:
maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.”QS.asy-Syam(91).8

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." QS.Ibrahim(14).7

 “Selalu menuruti sangkaan hamba ku terhadap diriku jika ia berprasangka baik maka akan mendapatkan kebaikan dan jika ia berprasangka buruk maka akan mendapatkan keburukan” (H.R.at-Tabrani dan Ibnu Hiban).

Dalam buku tersebut menjelaskan bahwa otak yang dimasuki sesuatu yang negative akan merusak diri. Maka Allah SWT mengingatkan manusia melalui ayat-Nya(al Fajr): jiwa-jiwa yang tenang(bersih) untuk kembali ke Rabb-nya(Allah) dan mempersilakan masuk surga.

Bagaimana menjadikan otak memiliki pemikiran positif? Berikut saran yang dapat dicoba:
1. Niat ikhlas karena Allah dalam beraktivitas
2. Selalu bersandar pada kekuasaan-Nya;
3. Memilih pikiran yang membangun(+), energy positive;
4. Membuat(bersama) komunitas yang berenergi(+);
5. Membaca ta’awudz saat menghadapi godaan;
6. Tetap bersemangat menjalankan kewajiban(sabar);
7. Menularkan virus pemikiran positif di manapun & kapanpun.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar