sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Rabu, 28 Oktober 2015

Sumpah Pemuda

mengambil nilai-nilai sumpah pemuda


Badan sehat, tenaga kuat, gelora semangat dan langkah masih cepat gambaran fisik pemuda. Bukan pemuda yang  kurang nendang  menjadi  pemuda yang badannya sering sakit-sakitan. Tentu produktifitas hidup kurang greng, badan tidak sehat. Olah raga kurang, tidur tidak teratur dan tenaga diplosir mengakibatkan tenaga lemah. Jatuhnya hanya malas-malasan tidak banyak aktivitas yang bermanfaat. Kecepatan menjadi terganggu bila pemuda kurang latihan diri dalam mengerjakan sesuatu. Jadi disebut semangat pemuda bila mampu menjaga badannya sehat, tetap bersemangat dan cepat dalam bertindak.


Pemuda yang memiliki badan sehat, tenaga kuat, selalu bersemangat dan langkahnya tegap dan cepat tidaklah cukup.  Mengapa? Ibarat melihat raksasa yang sedang tidur mendengkur. Atau naik moge di gang-gang kampong. Apakah raksasa maupun moge mampu berbanding lurus dengan potensinya? Tidak kan? Lalu pemuda yang bagaimana yang diharapkan? Pemuda yang diharapkan adalah pemuda yang mempunyai misi. Misi kehidupan menjadi sebaik-b aik pemuda dimanapun berada. Ada 3 misi yang harus disukseskan dalam hidup pemuda.
Misi pemuda:

  1. Menjadikan diri memiliki kepribadian yang baik
  2. Mengabdi kepada Ilahi sepanjang hidup
  3. Memberi manfaat kepada lingkungan sekitarnya

Para pemuda yang memiliki kualifikasi seperti di atas menjadi harapan bangsa. Karena bangsa yang pemudanya berkualitas baik akan maju. Bukanlah masanya bangsa ini nasibnya diserahkan kepada generasi tua. Yang daya jangkaunya sudah tidak lagi sehebat para pemuda. Lalu apa generasi tua disingkirkan? Bukan! Para senior memberi jalan mengarahkan apa saja yang terbaik bagi pemuda. Ingat, Masa depan pemuda masa depan bangsa.

Ayo bangkit!
Wahai para pemuda ingatlah akan usiamu. Usia yang tidak akan pernah mampu diulangi. Ia akan berjalan terus tanpa ada yang mampu menghentikannya. Waktu muda akan sia-sia jika tidak diisi dengan sesuatu yang bermanfaat sebagaimana misi kehidupan diatas. Ayo bangkit! Tenaga pikiran dan waktumu dinanti bangsa ini untuk kau buktikan bahwa dirimu Pemuda yang punya semangat terus membara seperti Sumpah Pemuda yang dikumandangkan 28 Oktober 1928 silam.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar