sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Kamis, 15 Oktober 2015

Murid Cerdas Lahir dari Guru Hebat



Salam Guru hebat! Dimanapun para guru berada dan kapanpun para guru beraktifitas disitulah sinar terang terpancar. Sinar terang ini yang menuntun kepada jalan kebenaran sejati. Yaitu jalan menuju Ilahi. Maka ilmu datang dari Ilahi dan harus dibagi  untuk kemanfaatan umat manusia. Dan ilmu yang bermanfaat menjadi amal shaleh bekal untuk akherat. Guru adalah orang yang banyak berbagi manfaat.


Untuk meningkatkan manfaat ilmu yang akan diperoleh oleh murid, maka guru melalui berbagai cara menyiapkan diri. Persiapan diri berupa keterampilan mengajar(teaching skill) yang harus dikuasai oleh guru. Ada 8 keterampilan dasar mengajar(Moh.Uzer Usman, 2006) yaitu:
1.keterampilan bertanya(questioning skills)
2.keterampilan memberi penguatan(reinforcement skills)
3.keterampilan mengadakan variasi(variation skills)
4.keterampilan menjelaskan(explaning skills)
5.keterampilan membuka dan menutup pelajaran(set induction and closure)
6.keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
7.keterampilan mengelola kelas
8.keterampilan mengajar perseorangan.
Melalui penguasaan keterampilan di atas guru akan lebih optimal melayani murid-muirdnya. Karena murid dalam kelas memiliki beragam kemampuan, bakat dan minat. Maka peran guru sangat penting. Hal-hal seperti ini dapat dibaca dari pengalaman pengajar muda di Bengkalis yang bergabung dalam Indonesia Mengajar menggambarkan pentingnya berani mencoba.(Bagus Arya Wirapati, Indonesia mengajar 2010).
Peran lain yang berkaitan dengan profesi guru selain keterampilan mengajar di kelas adalah peran sbb:
1.Pendidik
2.Pengajar
3.Pembimbing
4.Pelatih
5.Penasehat
6.Pembaharu
7.Model & teladan
8.Pribadi
9.Peneliti
10.Pendorong kreativitas
11.Pembangkit pandangan
12.Pekerja rutin
13.Pemindah kemah
14.Pembawa cerita
15.Aktor
16.Emansipator
17.Evaluator
18.Pengawet
19.Kulminator
(Mulyasa, 2007)
Begitu banyak peran guru yang dijalankan membantu murid-murid berkembang  siap menatap masa depan. Masa yang tentu jauh berbeda dengan saat ini. Itulah tantangan para guru masa kini dan masa datang. Guru yang tidak berubah dan tidak meningkatkan kemampuan akan habis dan tidak cocok mengajar.
Murid-murid yang cerdas lahir dari guru-guru yang hebat. Mengapa? Karena  guru hebat memiliki visi pendidikan yang benar. “menyiapkan generasi cerdas dan berbudi pekerti”. Mereka meyakininya dan mewujudkannya agar murid-muridnya sukses. Sukses bukan hanya mendapatkan nilai-nilai yang  tinggi tapi juga sikap dan perilakunya yang santun.
Guru hebat akan mampu pula menggali potensi murid-murid dengan memberikan proses pendidikan yang baik. Sehingga daya kreatif murid-muridnya berkembang.
____________________________________________________________________
Baswedan, Aries. Yayasan (2012) Indonesia Mengajar.  Bentang
Mulyasa, E. (2007)Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajar Kreatif dan Menyenangkan.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Usman, Uzer Usman (2006).     Menjadi Guru Profesional  Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Zainal, Veithzal Rivai.(2014). The Economics of Education.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar