sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Selasa, 10 Februari 2015

5

Prinsip Hidup


Belajar dari motto pribadi BJ.Habibie. Yang bisa menyemangati dan yang bisa menginspirasi. Semoga. Mengingat dari motto yang Beliau canangkan tersebut sudah terbukti dalam perjalanan hidupnya. Yaitu :

Bekerjalah sangat keras
Bersikaplah rasional
Bersikap jujur dan terbuka
Bersikap rendah hati
Jangan pernah menjadi pahlawan


Sungguh semboyan yang sangat baik dan sangat menginspirasi bagi siapa saja yang ingin hidup lebih baik. Bukankah kita ingin hidup lebih baik? Saya jawab saja…so PASTI! Karena normalnya manusia ingin hidup lebih baik dari saat ini. Belajar dari prinsip hidup Beliau, saya mencoba memberi komentar dan catatan tambahan sebagai penguat nilai-nilai hidup yang dapat ditauladani.

Bekerjalah sangat keras
Siapa saja yang ingin lebih baik nasibnya atau keadaannya haruslah mau berubah. Tidak ada cara lain yang lebih tepat selain dengan ganti baju …. BERUBAAAH! Jadi spiderman, jadi superman dan jadi ….apa lagi? Istilah di manajemen adalah Kaizen. Perbaikan terus-menerus! Dalam agama memakai istilah fastabiqulkhoirot(berlomba-lomba dalam kebaikan).2.148 & 5.48 Mau? Di sinilah tantangannya antara mau melangkah atau tidak. Antara yang punya potensi dan yang tidak punya potensi sama-sama mempunyai kesulitan. Fair, kan? Bagi yang punya potensi saya ibaratkan sebagai sepeda motor ber-cc 500, tapi jalannya ada di jalan-jalan sempit atau jarang dipakai. Maka dari jalan mana akan mendapatkan nasib lebih baek? Nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan? Demikian juga bagi yang punya potensi lebih rendah tidak mau memacu sepeda motornya? Kapan mampu mengejar? Dan kapan akan sampai? Lomba lari marathon yang pesertanya ratusan orang. Juaranya hanyalah satu orang saja. Apakah yang juara 2, 3, 4 dan 5 tidak pernah berlatih lari? Tentu berlatih. Bagaimana yang tidak berlatih akan mendapatkan juara 1, sementara yang berlatih saja belum tentu? Contohnya kalau saat ini kita membaca 1 buku dalam seminggu berubah 2 buku dalam seminggu, yang tadinya malas-malas belajar berubah giat belajar, dan yang sebelumnya jarang berdoa dan ibadah berubah semakin rajin dan istiqomah. Itulah bekerja keras dan sangat keras melawan diri dengan berubah lebih baik.

Bersikaplah rasional
Peristiwa yang Beliau alami saat laporan pertanggungjawabannya sebagai presiden ditolak oleh MPR. Beliau bersikap rasional meskipun sebenarnya tidaklah jelek, karena hanya meneruskan dan mengembalikan stabilitas Negara pasca kerusuhan 9 Mei 97. Yang menjadi catatan sejarah kurang menyenangkan adalah lepasnya Timor Timur saat Beliau menjabat. Berikutnya tentang penemuan teori crack progression tentu buah kerja sangat keras dan sikap rasional tentang keretakan sayap pesawat yang bila dibiarkan sayap patah dan berakibat fatal.
Sikap rasional memang perlu dikembangkan pada generasi muda kita, namun rasionalitas manusia tidak boleh dibiarkan tanpa bimbingan iman. Akibatnya sesat! Kesesatan akan membawa kesengsaraan. Sengsara dunia dan akherat! Naudzubillah min dzalik. Terjadinya peristiwa hari berbangkit contohnya bisa jadi tidak ‘rasional’-atau memang akal tidak mampu menjangkau-menurut akal pikiran manusia, sehingga tidak perlu dipercayai hal itu. Di sini iman sebagai pedoman akal pikiran manusia, agar tidak berakibat muncul kerusakan di dunia dan siksa di neraka.

Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmu-Nya[1384] dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?” QS.45.23.

Bersikap jujur dan terbuka
Dalam hubungan sosial pada umumnya orang setuju sekali dengan sikap jujur. Persahabatan dan pertemanan yang tidak dilandasi sikap jujur menjadikan saling curiga satu sama lainnya. Lalu apa arti sebuah persahabatan jika tidak ada kepercayaan diantara mereka? Sebagai solusinya selalu bersikap jujur pada diri sendiri dan orang lain meskipun pada hal-hal sepele. Seperti belum makan bilang sudah, tidak kenal ngomong pernah kenal, dan barang palsu disebut asli. Sikap-sikap tersebut harus dijauhi agar tidak menjadikan kebiasaan yang buruk. Jujur sajalahhh.

Sedang sikap terbuka sangat cocok untuk peningkatan diri agar memiliki wawasan yang luas. Interaksi dengan orang lain akan menjadikan diri sendiri ‘kaya’ hanya dengan bersikap terbuka. Bersikap terbuka akan memberi kesempatan belajar dan mendapatkan ilmu maupun ‘sesuatu’ yang berguna bagi kehidupan. Saat ini kita semua mudah mendapatkan ilmu bila sikap keterbukaan diri ada. Mau belajar, mau bertanya, mau berlatih dan mau berbicara kepada siapa saja dan pada ilmu apa saja.  Sikap terbuka tersebut akan berada pada jalan yang benar ketika ada bimbingan agama.

QS.67.22 & 23
Maka apakah orang yang berjalan terjungkal di atas mukanya itu lebih banyak mendapatkan petunjuk ataukah orang yang berjalan tegap di atas jalan yang lurus?
Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati." (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.

Bersikap rendah hati
Pada tulisan sebelumnya saya sudah membahasnya tentang bersikap rendah hati. Disini hanya memberi penekanan saja bahwa sombong lawannya rendah hati. Sementara sombong boleh jika memenuhi 2 syarat yaitu mampu tidak makan selama hidupnya dan tidak akan pernah mati. Mana mungkin….? Ya. Artinya tidak boleh karena kesombongan itu wilayahnya Allah SWT. Ini hanya rasa-rasanya terpilih sebagai Miss Universe tentu Tercantik. Bila dia berlagak sombong dengan mengatakan Sayalah wanita tercantik di dunia, memang seperti itu. Kayaknya ‘sah-sah saja’. Atau apa lagi…? Coba kita bandingan dengan ayat-ayat ini…

QS.28.76. Sesungguhnya Karun adalah termasuk kaum Musa[1138], maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: "Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri."
QS.28.78. Karun berkata: "Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku." Dan apakah ia tidak mengetahui, bahwasanya Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih kuat daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu, tentang dosa-dosa mereka.

Jangan pernah menjadi pahlawan
Prinsip hidup Bapak BJ.Habibie ini mungkin bentuk dari keikhlasan Beliau dalam bekerja. Tidak mengharapkan apa-apa kecuali pengabdian pada Negara dan agama sebagai bekal hidup di akherat. Ini juga bisa ditafsirkan bahwa akumulasi sebuah usaha yang menjadikan keberhasilan yang besar bukan terletak pada orang per orang. Ya kalau begitu sebutan pahlawan tidaklah diperlukan lagi disini, karena semua berjasa.
Maksud lain bisa berarti janganlah menjadikan orang lain berhutang budi sehingga hati, pikiran, dan mulut mati. Tak mampu berlaku jujur, tertutup beban jasa sebagai pahlawan dalam hidupnya.

“Burhutang budilah sama Allah supaya selalu bersyukur setiap waktu”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar