sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Minggu, 06 Desember 2015

Berani Ambil Resiko



“There is no greatness without suffering”
                                                                                                                Pepatah orang Inggris

Untuk naik kelas, meraih kesuksesan dan mencapai kebahagiaan yang abadi(surga) itu tidak mudah. Pepatah diatas menjadi pengingat bagi kita semua untuk tahan uji. No pain no gain adalah ungkapan yang cukup terkenal juga yang mendorong untuk “berinvestasi” agar mendapat keberhasilan.  Kita semua yang sudah melewati usia 30 tahun ke atas pasti sudah dapat merasakan apa saja yang sudah ditanam untuk meraih posisi seperti saat ini. Perjalanan hidup baik suka maupun duka menjadi kawan  ketika menaiki anak tangga meraih mimpi, bukan?


Dalam buku karya M. Sanusi dalam judul “Orang Miskin(boleh) Sukses Sekolah!” menghimpun berbagai pengalaman para tokoh yang dulunya bukan siapa-siapa. Namun dengan tekad yang membara, perjuangan yang tidak kenal lelah, ikhtiar dan doa yang tiada henti akhirnya mampu meraih mimpinya. Mereka adalah orang-orang yang memilih dan terpilih. Memilih menjadi pribadi yang mengasah diri dengan latihan dan ujian kerasnya hidup. Mereka terima! Dan akhirnya mereka juga terpilih sebagai pemenang yang, tidak banyak orang mau dan mampu bertahan hingga sukses dapat diraih.

Disetiap kesempatan pelatihan, Renald Khasali sering berbagi pengalaman bagaimana agar diri mampu berubah menjadi pribadi yang lebih hebat. Ia memberi perumpamaan bahwa pribadi yang hebat hendaknya menjadi bola tenis bukan telor. Mengapa? Karena keduanya merupakan gambaran pribadi yang berbeda. Telor Nampak pribadi yang keras tapi tidak tahan banting, mudah retak dan pecah. Beda dengan bola tenis yang lembut dan tidak keras tapi memantul menghadapi lingkungan yang tidak mendukung. Semakin keras benturan yang didapatkan semakin melejitkan dirinya berjuang meraih mimpi. Wussss…!

Dari kisah yang diceritakan di buku Saudara M.Sanusi ada nilai-nilai yang ditularkan pada pembaca. Nilai-nilai yang menjadi modal untuk meraih cita-cita. Nilai-nilai itu adalah

  • Tidak patah semangat bagaimanapun kondisinya
  • Mandiri dengan tidak mudah mengeluh dan minta-minta bantuan
  • Berkeinginan kuat
  • Berani mengambil resiko
  • Bekerja keras
  • Suka belajar
  • Dan beberapa nilai lainya.


Untuk menjadi orang besar perjuangan dan pengorbanan juga besar. Sebesar-besarnya pengorbanan yang diberikan HANYA ada satu yang perlu untuk ditanyakan Beranikah mengambil resiko?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar