sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Jumat, 11 Desember 2015

Guru Hebat(7)




“The direction in which education starts a man will determine his future life”
                  -Plato
Buku “Klinik Belajar Otak Kanan” karya Femi Olivia(2012) mencoba mengubah yang dipandang “Bodoh” menjadi cerdas. Dengan peningkatan kecerdasan otak kanan anak akan mampu menjadi sukses dalam hidupnya. Anak yang sukses adalah dambaan semua orangtua, hanya saja mereka buru-buru mengklaim anaknya “bodoh” ketika sulit menjawab atau mengerjakan soal. Padahal tidaklah demikian kondisi sebenarnya bila orangtua tersebut lebih sabar.
Berikut beberapa poin tentang kecerdasan menurut H.Gardner:

  • Mampu menyelesaikan masalah di dalam kehidupan nyata.
  • Mampu menemukan pokok permasalahan dari suatu kejadian.
  • Mampu menciptakan masalah untuk tujuan yang konstruktif.
  • Mampu memberikan suatu produk atau jasa yang bernilai dan dapat diterima pada suatu budaya tertentu.

Dengan memperhatikan penjelasan H.Gardner diatas hendaklah orangtua dan guru mampu mengarahkan dan melatih anak. Pelatihan yang mendorong dan meningkatkan kemampuan maupun kecerdasannya dengan jalan sbb:

  • Saat anak mengalami kesulitan berilah semangat untuk menyelesaikan sendiri dan tetap didampingi dan diberi bimbingan hingga berhasil secara mandiri.
  • Kebiasaan anak yang sering marah-marah akibat tidak tahu apa yang harus diperbuat, maka orangtua atau guru dapat mengajaknya bertanya dengan tenang untuk mendapatkan pokok persoalan dan bagaimana seharusnya bersikap yang baik.
  • Orang sering menghindar masalah. Oleh karena itu anak agar cerdas dilatih dan dibimbing untuk menciptakan masalah agar mendapat tantangan dan mampu menyelesaikan masalah.
  • Anak produktif jauh lebih baik daripada anak yang konsumtif, yang hanya sebagai pemakai. Oleh karena itu anak dapat dilatih dengan mengembangkan ide-ide mulai yang sederhana sampai yang lebih komplek. Berikutnya ide-ide yang didorong untuk dituangkan menjadi usaha yang dapat melahirkan produk atau jasa yang bermanfaat bagi yang lain.

Langkah konkrit guru dan orangtua dalam menjadikan anak cerdas adalah merangsang dan melatih otak kanan lebih sering dengan pelatihan-pelatihan seperti diatas. Semoga berhasil insya’allah selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar