sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Minggu, 27 Desember 2015

Guru Hebat(10)



Kiat Menjadi Pribadi yang Unggul (2)

Guru adalah seorang yang memiliki pribadi yang unggul. Sebagaimana materi Mahasiswa STKIP Al Hikmah, Minggu, 27 Desember 2015 berikut bagaimana kiat menjadi pribadi unggul.
Jurus 2
Pembelajar:
Manusia pembelajar adalah menjadi ‘abdan syakura
Yang bersedia menerima tanggung jawab, yakni: pertama, berusaha mengenali hakikat dirinya, kedua, berusaha sekuat tenaga untuk mengaktualisasikan segenap potensinya itu.
Bukan
‘abdan kafura (punya hati tapi tak pahami ayat-ayat Allah , punya mata tapi tidak untuk melihat kekuasaan Allah dan punya telinga tapi tdk ntuk mendengar (ayat-ayat Allah).QS.7.179
Langkah membentuk pribadi yang unggul yang berkaitan dengan jurus 2 Pembelajar adalah semangat terus belajar dan keterampilan mengelola waktu.
Untuk menjadi pembelajar memang pasti selalu semangat belajar. Bertambah ilmu dan bertambah kemampuan diri merupakan buah dari seorang pembelajar. Beberapa sifat dan kebiasaan pembelajar adalah:


  • Cinta akan ilmu bahkan berbagai ilmu pengetahuan
  • Kebiasaan membaca kuat atau banyak buku yang dibaca
  • Suka memperhatikan kejadian sekitar
  • Menjadi pendengar yang baik
  • Perpustakaan pribadi bagian sisi mata uang yang tak terpisahkan
  • Apa saja yang terjadi menjadi pelajaran meningkatkan kematangan diri.

Firman-Nya:
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.QS.96.1
 
Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.QS.6.66

Tidak ada komentar:

Posting Komentar