sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Minggu, 27 Desember 2015

Bagaimana Bisa Bahagia dan Optimis?(3)



Perasaan bahagia adalah harapan semua orang. Prinsip-prinsip kebahagiaan dan optimis yang diuraikan Murray dan Alicia selanjutnya adalah:

Purpose
It’s very dispiriting to ask “why am I here?” and find you have no answer. Sebenarnya pertanyaan yang diungkapkan Murray & Alicia tersebut sangatlah mendasar. Karena menyangkut keberadaan manusia di dunia ini sebenarnya untuk apa? Disinilah banyak manusia yang salah beranggapan terhadap tujuan hidup di dunia ini. Kesalahan dalam persepsi mendorong pada orientasi hidup yang salah pula. Karena orientasi yang salah menjadikan aktivitas yang melalaikan dari tujuan sebenarnya. Akhirnya kebahagia hidup juga semakin jauh darinya.
“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”QS.51.56
Ayat diatas mengingatkan manusia akan tugas sebenarnya HANYA beribadah kepada-Nya! Inilah tujuan hidup yang manusia harus tahu. Aktifitas manusia yang diniatkan dan dilakukan karena Allah akan dinilai sebagai beribadah. Pasti kebahagiaan akan didapat baik di dunia maupun diakherat kelak.


Connection to your body
Prinsip berikut ini lebih pada hubungan fisik dengan suasana yang menjadikan bahagia. Pandangan seperti ini sebenarnya hanyalah semu. Mengapa? Karena kebahagiaan tergantung pada bagaimana fisik memperoleh kenyamanan sesaat yang lepas dari nilai-nilai agama. Bila kenikmatan telah hilang maka kesusahan dan kesengsaraan akan menghinggapinya.
“Negeri akhirat(kebahagiaan) itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. Dan kesudahan (yang baik)(surga) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.QS.28.83
Berikutnya:
“Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik.”QS.13.29
Kebahagiaan yang berkaitan dengan fisik akan terasa dengan mulut yang senantiasa berdzikir menyebut Allah dan badan yang selalu dihambakan dengan ibadah lima waktu. Pasti ketentraman dan kebahagiaan akan didapat. Dapat dicoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar