sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Minggu, 27 Desember 2015

Bagaimana Bisa Bahagia dan Optimis?(4 habis)



Beberapa prinsip yang telah diuraikan diatas merupakan langkah menuju hidup bahagia dan optimis. Dan kebahagiaan yang sebenarnya adalah disisi-Nya, surga yang disediakan bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh.
Prinsip kebahagiaan berikutnya adalah:
Connection to nature
Dalam bukunya Murray & Alicia menyatakan bahwa:
Nature isn’t just about trees, the oceans, or endangered species. One aspect of nature is as close as our living room or the nearest park.


Memang suasana gersang akan memunculkan perasaan kurang nyaman. Hal ini dapat dibandingkan dengan suasana rumah yang di dekatnya ada taman bunga, bersebelahan dengan sawah yang menghijau, air pancuran yang gemericik, kolam ikan dengan air jernihnya dan udara sejuk yang selalu menyelimuti di lingkungan sekitar.
Maka pesan Allah terhadap manusia agar tidak jatuh pada kesengsaraan dan malapetaka adalah tidak boleh membuat kerusakan di muka bumi.
Pesan ke-1
Dan bila dikatakan kepada mereka:"Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi. Mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.QS.2.11
Pesan ke-2
Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. QS.28.77
Pesan ke-3
Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). QS.30.41
Dari pesan yang Allah sampaikan dalam alQur’an atasdidapat ditarik kesimpulan bahwa manusia hanya di perbolehkan membangun, memelihara atau menjaganya, dan dekat dengan alam bukan merusaknya.
Spirituality
You are neurologically geared for spirituality. We believe, and many researchers confirm, that without a solid groundingin spirituality there can be no happiness.
Memang dalam diri manusia sudah dibekali dengan fitrah Ketuhanan. Artinya manusia akan tidak mungkin mendapatkan kebahagiaan tanpa Tuhan, Allah yang mencipta seluruh makhluk. Dengan mendekat kepada Kholiq, Pencipta manusia akan memperoleh kebahagiaan hidup, bukan hanya di dunia tapi juga di akherat kelak. Diantara jalan yang perlu ditempuh yang dianjurkan agama adalah:

  • Taat beribadah kepada-Nya dengan tulus ikhlas
  • Banyak-banyak mengingat kepada-Nya, Allah SWT
  • Menguatkan iman dan memperbanyak perbuatan baik
  • Menjauhi segala larangan yang dilarang-Nya
  • Pasrah dan tawakal dalam hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar