sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Senin, 24 November 2014

Memilih Mindset Memilih Kehidupan(M3K)



Dalam buku berjudul “Change Your Mind Change Your Life” oleh Carol S.Dweck, PH.D. menguraikan tentang mindset seseorang. Apakah mereka dalam mindset tetap ataukah mindset berkembang? Bila seseorang memiliki mindset berkembang maka dapat disimpulkan ia akan berubah kehidupannya. Dan tidak dengan sebaliknya! Saya jadi teringat akan sebuah buku berjudul “Andrie Wongso Sang Pembelajar” sebuah biografi karya Lenny Wongso(Istri Beliau). Di sub judul “Semua Dimulai dari Diri Sendiri” diceritakan bahwa Beliau pernah diramal hidupnya dibawah kaki raja, seumur hidup harus kerja keras dan hidup susah! Pada kenyataannya Beliau memang hidupnya susah dari keluarga miskin. Bahkan sekolahpun tidak tamat SD, jadi Beliau SDTT. Kondisi hidupnya yang serba kekurangan tidak menjadikan patah semangat dan patah arang meskipun hidup sangatlah sulit.


Keberhasilan Andrie Wongso saat ini merupakan perjuangan yang tak kenal lelah. Beliau tergolong memiliki mindset berkembang, percaya bahwa dirinya mampu berkembang dan sukses. Salah satu The magic word-nya adalah
“Kalau Anda lunak terhadap diri sendiri
Kehidupan akan keras kepada Anda
Tetapi
Kalau Anda keras terhadap diri sendiri
Kehidupan akan lunak kepada Anda.”

Rintangan demi rintangan dan kegagalan demi kegagalan menjadikan tangguh menghadapi kehidupan. Cerita inspiratif yang diceritakan dalam bukunya menunjukan semangat untuk berubah.
Di sebuah taman ada seorang penjual balon gas sedang dikerumuni anak-anak. Mereka berteriak ramai mengitari penjual membeli balon gas warna sesuai keinginan masing-masing. Ketika sepi, seorang anak mendekati penjual balon gas, dan bertanya:

“Paman, kenapa menjual balon warna hitam? Bukankah balon warna hitam tidak mungkin bisa terbang?
“Apa yang salah dengan balon warna hitam, Nak? Paman menjual semua warna, setiap warna ada saja pembelinya,”jawab paman penjual balon.
Paman, bukankah setiap balon warna hitam tidak mungkin bisa terbang ke atas. Karena menurut saya, segala sesuatu yang berwarna hitam tidak mungkin mampu bersaing dengan warna lainnya.”jawabnya dengan yakin.

Kemudian paman penjual balon gas sudah bisa meraba ke arah mana si anak ini berbicara.
Sambil tersenyum, paman menjawab,”Anak muda, semua balon akan dapat terbang ke atas asal diisi gas secukupnya di dalamnya. Tidak peduli apapun warna kulit luarnya, merah, hijau, kuning, hitam, putih, asal isi gas di dalamnya cukup, balon itu pasti bisa terbang. Demikian juga pada manusia tidak peduli warna kulitnya, asal mau belajar dan mau bekerja keras pasti bisa sukses.
“Terima kasih Paman, semoga balon Paman terjual habis,” jawab si Anak.

Senada dengan pernyataan Benjamin Barber bahwa:
“Saya membagi dunia menjadi pembelajar dan bukan pembelajar”

Siapapun kita ingin meraih sukses dunia dengan ilmu dan kerja keras. Dan siapapun kita yang ingin meraih surga juga dengan ilmu dan usaha jauh lebih keras! Bukan diam menunggu nasib baik datang menghampiri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar