sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Jumat, 14 November 2014

Bersandar Hanya pada Allah



Beramal sholeh perintah Allah kepada segenap kaum mukminin. Banyak ayat yang menyandingkan antara IMAN dan AMAL SHOLEH. Dapat mengandung maksud bahwa kalau kita orang yang beriman akan kehidupan akherat, beramal sholehlah!  Di samping itu Allah Swt. juga mengabarkan  melalui utusan-Nya, Muhammad Saw. Pada hari kiamat manusia akan dikumpulkan dan dihisab amal yang telah dilakukan saat hidup di dunia. Apa yang akan dihisab(ditimbang) kalau tidak punya amal sholeh? Orang-orang yang ingkar kepada Allah Swt.akan terhapus amal yang dilakukan di dunia! 
QS.3.22



Rasulullah menyampaikan pesan kepada umatnya bahwa umat ini masuk surga bukan karena amal sholehnya. Lalu apa? Para sahabat bertanya kepada Rasulullah dan dijawab sebab rahmat Allahlah umat Islam masuk surga, termasuk Nabi. Dalam hal ini ada perbedaan pandangan dari para ulama, antara amal sholeh dan rahmat Allah yang menyebabkan masuk surga.  Bagi kami(penulis) mengambil jalan bahwa perintah Allah dan Rasul untuk beramal sholeh adalah benar adanya sebagai jalan menuju surga, namun kemampuan kita beramal sholeh tidak bisa lepas dari rahmat Allah yang begitu besar. Kasih sayang Allah tunjukan dengan diutusnya Rasulullah dan kitab-Nya al-Qur’an. 

Petunjuk berupa Iman dan Islam juga karunia dan rahmat-Nya.
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah
Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus

Potensi dan kemampuan yang kita semua miliki adalah karunia dan rahmat(kasih sayang) Allah yang harus di syukuri. Tentu Allah akan menambah nikmat-Nya. Cara yang paling benar kita mensyukuri yang taat kepada-Nya dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.
Amal sholeh yang kita sandarkan hanya kepada Allah semata dapat dirangkumkan sbb:
Iman yang teguh tanpa tercampuri kesyirikan
Sholat (Ibadah) dengan benar dan ikhlas karena-Nya
Hiasi hidup dengan produktivitas dunia – akherat

Amal sholeh sebanyak apapun-sepanjang hidup- belum sebanding rahmat yang Allah berikan kepada kita. Nasehat dalam kitab al-Hikam karya Syaikh Ibn ‘Atha’illah as-Sakandari di atas menjadi pengikat untuk tidak “sombong”akan amal sholeh yang telah banyak dilakukan.
Marilah tetap sebagaimana firman-Nya QS.6.162:

Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar