sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Jumat, 07 November 2014

Hari Esok!



Kebetulan  eh ... sudah pasti sosialisasi pembukaan prodi baru secara online diselenggarakan pada hari Jum’at 7 Nopember 2014. Acara sosialisasi ini panitia penyelenggaranya adalah Kopertis Wilayah 7 bekerjasama dengan Dirjen Pendidikan Tinggi(Dikti). 


Para nara sumber ada 3 orang yaitu Prof.Dr.Noor Endah dari ITS, Ibu Esti dan Pak Arief dari ITB. Mereka berbagi materi dengan diawali Pak Arief menyampaikan Silemkerma dan bagaimana menggunakan fasilitas di http://prodibaru.dikti.go.id. Pengajuan prodi baru dimulai dengan rekomendasi dari kopertis, kemudian pengajuan proposal secara online. Di tahun 2014 pengajuan prodi baru di Dikti dihentikan(karena memoratorium). Selanjutnya dibuka kembali pengajuan prodi baru per tanggal 1 Januari 2014 secara online. Upaya ini dilakukan untuk memotong keruwetan dan menumpuknya arsip-arsip di Dikti. Selanjutnya narasumber mempertegas bahwa pengajuan prodi baru hanya melalui online.

Ingat dasar hokum : Permendikbud no.95 tahun 2014

Prof.Dr.Noor Endah dan Bu.Esti berbagi materi tentang tata cara pengisian proposal dan F5. Secara prinsip format dan uraian F5 hampir sama. Hanya ada penekanan di sana- sini, berkaitan dengan kurikulum dan metoda pembelajaran. PS baru yang diajukan oleh PTN atau PTS harus mendapat rekomendasi dari Kopertis. Selanjutnya mendaftar via online mulai 1 januari 2015-Maret 2015. Berikut jadual pengajuan prodi baru:

NO
AGENDA
JAN-MAR
MAR-MEI
JUN-AGS
AGS-SEP
SEP-DES
1
Daftar





2
Unggah dokumen





3
Evaluasi





4
Visitasi





5
Proses admin





6
Keputusan Pemb. Prodi





7
Lokakarya(bila gagal)












  

Beberapa yang diperhatikan pengaju prodi baru di samping ada rekomendasi juga, pembukaan prodi baru harus ada cantolanya di Renstra PT tersebut. Ketua prodi dan 5 master  harus ada dan linier sebagai syarat pembukaan prodi baru.
Rehat & Charger  kepenatan dan nagntuk dengan ibadah sholat Jumuat di masjid Kopertis wilayah 7. 

***
Jum’at yang penuh barakah…

Kegiatan sosialisasi Tim Dikti di split dengan sholat Jumuah.
Sang Khotib mengingatkan jamaah untuk senantiasa bertakwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya.  Selanjutnnya sang Khotib dari BASNAZ ini mengutip salah satu ayat supaya kita mempersiapkan HARI ESOK. Karena kita sering kali yang dipersiapkan urusan dunia saja seakan lupa kalau nanti akan mati! Apakah pedagang, pengusaha, guru, dan profesi  lainnya.   

 


Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.QS.59.18


Tidak ada komentar:

Posting Komentar