sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Jumat, 10 Oktober 2014

Jerat-Jerat Setan



Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang sempurna. Sebutan lain merupakan sebaik-baik ciptaan(fi ahsani ta’win). Namun, sebaik-baik ciptaan tidaklah menjamin manusia akan terus menjadi makhluk yang paling mulia. Justru sebaliknya mereka akan jatuh ke jurang yang paling dalam yaitu seburuk-buruk peradaban.


Qs.7.179. Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

Mereka yang jatuh peradabannya karena lengah dan ingkar akan tugas suci sebagai hamba Allah dan khalifatullah di bumi. Yaitu ibadah hanya kepada Allah semata dan memakmurkan/mengelola bumi. Kelengahan manusia merupakan kegembiraan iblis dan setan, karena pekerjaannya adalah sebagai pengasuh semua manusia yang sesat dan yang dimurkai Allah.

Qs.2.168. Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Ayat di atas Allah mengingatkan bahwa setan adalah musuh yang nyata, maka janganlah mengikuti langkah-langkah setan. Berikut langkah-langkah iblis-setan yang diuraikan oleh Muhammad Quraish Shihab dalam bukunya “Setan dalam alQur’an” sbb:

Tahap I    Mengajak mempersekutukan Allah SWT
Tahap II Mengajak kedurhakaan dengan bid’ah yang akhirnya kufur bila gagal
Tahap III Mengajak berbuat dosa besar seperti membunuh, berzina, durhaka pada orangtua
Tahap IV Mengajak untuk melakukan dosa-dosa kecil bila ini gagal juga
Tahap V Mengajak hal-hal mubah, sesuatu yang tidak berdosa dan tidak berpahala
Tahap VI Menghalangi manusia yang banyak manfaatnya dialihkan ke yang sedikit manfaatnya

Setan akan berusaha mencari teman di neraka nanti dengan menggoda manusia dari tahap pertama hingga tahap ke-6 atau sebaliknya dari tahap ke-6 ke tahap 1.

Semoga kita semua dapat terhindar dari jerat-jerat setan dengan memohon kekuatan dari Allah, berlindung pada-Nya dan berdzikir setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar