sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Jumat, 24 Oktober 2014

Zikir, Pikir, & Ikhtiar

Tiga kata yang berkekuatan dahsyat. Kedasyatannya membawa keberkahan hidup dunia dan akherat. Yaitu Zikir, Pikir, & Ikhtiar. Saya mencoba mem-visualisasi-kan untuk dilakukan. Tema ini merupakan inspirasi dari sebuah buku berjudul Dzikir.


Pengertian
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Zikir
Zikir atau Dzikir (Arab: ذِکْر‎, ðɪkr) adalah sebuah aktifitas ibadah dalam umat Muslim untuk mengingat Allah. Di antaranya dengan menyebut dan memuji nama Allah, dan zikir adalah satu kewajiban yang tercantum dalam al-Qur'an. Bacaan zikir yang paling utama adalah kalimat "Laa Ilaaha Illallaah", sedangkan doa yang paling utama adalah "Alhamdulillah". Seseorang yang melakukan zikir disebut dzaakir (ذاكر).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI)
zi·kir n 1 puji-pujian kpd Allah yg diucapkan berulang-ulang; 2 doa atau puji-pujian berlagu (dilakukan pd perayaan Maulid Nabi); 3 perbuatan mengucapkan zikir;
-- amali zikir yg dilisankan (dinyaringkan);
-- kalbu zikir dl hati;

Pikir
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI)
pi·kir n 1 akal budi; ingatan; angan-angan: ahli -- , ahli falsafah; filsuf; kurang -- , kurang menggunakan akal budi atau kurang mempertimbangkan baik-baik; jangan banyak -- , jangan banyak mengingat atau mempertimbangkan; tak habis -- , tidak dapat mengerti mengapa suatu hal sampai terjadi; 2 kata dl hati; pendapat (pertimbangan); kira: -- saya dialah yg salah;-- dahulu pendapatan, sesal kemudian tidak berguna, pb bila hendak melakukan atau mengerjakan sesuatu, hendaknya dipertimbangkan lebih dahulu baik buruknya; -- itu pelita hati, pb menggunakan akal budi dan mempertimbangkan segala sesuatu dng baik menjadikan seseorang lebih bijaksana.

Ikhtiar
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI)
ikhtiar /ikh·ti·ar/ n 1 alat, syarat untuk mencapai maksud; daya upaya: segala -- sudah kujalankan, tetapi tidak berhasil juga; mencari -- , mencari daya upaya; 2 pilihan (pertimbangan, kehendak, pendapat, dsb) bebas: hal itu terserah kpd -- masing-masing;-- menjalani untung menyudahi, pb orang harus berusaha, jika ingin mencapai suatu maksud (tercapai atau tidaknya bergantung kpd nasib);

Zikir sebagai aktifitas ibadah hati dan lisan yang berdampak pada perbuatan. Pikir adalah akal budi manusia yang mengiringi aktifitas yang dilakukan. Sedangkan ikhtiar merupakan daya upaya untuk mencapai maksud. Ketiga kegiatan ini hendaknya menjadi kekuatan yang dahsyat bagi kaum muslimin dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Bagaimana zikir, pikir, dan ikhtiar bernilai positif(=ibadah) dan berbuah atraktif(=beruntung)? Berikut skema dan proposal kegiatan yang diajukan untuk meraih kemenangan paripurna.

Skema


                                                                                                                             ------> Terkabul


Proposal yang diajukan hendaknya yang benar-benar permintaan yang dibutuhkan. Bentuk dan langkah yang dapat dilakukan yaitu:

  • Berzikir dengan menyebut nama-nama-Nya sesuai permintaan
  • Menyebut permintaan dengan sepenuh hati & keyakinan
  • Berzikir dan menyebut permintaan lebih sering
  • Pikiran dipenuhi dengan permintaan
  • Selalu mengingat permintaan
  • Permintaan pasti dikabulkan Allah Swt.(QS.32.16)
  • Lakukan kegiatan dengan istiqomah(konsisten)
  • Berupaya kearah permintaan(QS.2.186)
  • Totalitas diri bergantung pada-Nya(QS.10.22)
  • Menunggu keajaiban yang terjadi!

 Refleksi firman-Nya:
Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."QS.al-Mukmin(40).60

Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”(QS.al-A’raf(7).180)

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS.al-Baqarah(2).186)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar