sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Jumat, 10 Agustus 2012

Itikaf

yuk!

 
Apakah I'tikaf  itu ? Apabila dilihat dalam pengertian bahasa berarti berdiam diri yakni tetap di atas sesuatu. Sedangkan dalam pengertian syari'ah agama, I'tikaf berarti berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan di setiap waktu dan diutamakan pada bulan suci Ramadhan, dan lebih dikhususkan sepuluh hari terakhir untuk mengharapkan datangnya Lailatul Qadr. Dalam hal ini Rasulullah saw. bersabda :


" Dari Ibnu Umar ra. ia berkata, Rasulullah saw. biasa beri'tikaf pada sepuluh hari terakhir pada bulan Ramadhan." (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim)

Seorang teman bilang,” Wah masjid yang begitu besar ustadz penuh semua. Saya jadi bingung cari tempat! Padahal saya berangkat pukul  24.00. Ee… telat.”
“Luar biasa! Jadi sekarang sudah banyak orang yang sadar, ya?”jawabku singkat.

Sebagaimana kita semua mengetahui  bahwa orang-orang berangkat ke masjid tengah malam. Kira-kira antara pukul 00.00 atau 01.00. Tetap saja orang-orang antusias untuk itikaf. Ini tidak lain karena dorongan yang kuat untuk bermunajat kepada Allah agar diampuni dosa-dosanya. Lihat juga http://kilatan-cahaya.blogspot.com/2012/08/lailatul-qadar.html

Itikaf menjadi bermakna ketika:
  • Niat untuk beritikaf muncul karena Allah semata.
  • Memperbanyak dzikir, do’a, istighfar akan dosa-dosa selama ini
  • Menyadari bahwa diri ini lemah hanya berhajat kepada-Nya.
(kita bukan siapa-siapa)

Kemudian melahirkan jiwa-jiwa yang berhati bersih, bertutur kata kasih sayang, dan berperilaku rahmatan lilalamin.
Semoga Dia selalu menuntun kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar