sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Minggu, 31 Januari 2016

Pengajaran Remedial



Bagi guru pengajaran remedial sudah tentu tidak asing karena menjadi bagian tugasnya. Di setiap mata pelajaran atau dalam satu rombongan kelas sudah dipastikan ada kelompok yang di bawah rata-rata Standar Kompetensi Minimal(SKM). Anak-anak yang mengalami kesulitan belajar tersebut membutuhkan program remedial. Harapan dari program ini adalah agar anak-anak berhasil sesuai penguasaan kemampuan yang telah ditetapkan. Biasanya bila tidak segera diselesaikan akan mengalami kesulitan secara beruntun seperti bottle neck.


Arti Pengajaran Remedial
Adalah suatu bentuk khusus pengajaran yang diberikan kepada seorang atau sekelompok murid yang diperkirakan mengalami kesulitan belajar melalui suatu pendekatan dan teknik tertentu. Maksud kegiatan ini adalah untuk membetulkan, memperbaiki atau menyembuhkan sebagian atau seluruh kekurangan proses belajar mengajar sehingga murid dapat mencapai hasil belajar yang optimal.

Pentingkah Pengajaran Remedial?
Pengajaran remedial sangat diperlukan dalam keseluruhan proses belajar mengajar di sekolah terutama karena:
1.adanya perbedaan individu di antara para murid.
2.guru mempunyai peranan dan tanggungjawab yang besar dalam proses perkembangan murid. Guru di samping sebagai pengajar juga berperan sebagai pembimbing.
3.pengertian belajar yang lengkap mengandung arti bahwa dalam proses belajar murid diharapkan tercapai perubahan tingkah laku secara keseluruhan dan utuh.
4.pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan di sekolah perlu ditunjang oleh kegiatan belajar mengajar yang sebaik-baiknya.

Apa tujuan pengajaran remedial?
Tujuannya adalah agar murid yang mengalami kesulitan belajar dapat memperoleh prestasi belajar yang memadai melalui proses penyembuhan, atau perbaikan atau pembetulan dalam:
1.pemahaman diri
2.cara-cara belajar
3.menggunakan alat belajar
4.perubahan sikap
5.mengatasi hambatan pribadi
6.pelaksanaan tugas-tugas

Berlanjut….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar