sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Senin, 22 Februari 2016

Pengajaran Remedial(2)

Pada tulisan sebelumnya  sudah diuraikan secara singkat tentang  pengajaran remedial, yang meliputi arti pengajaran remedial, pentingnya pengajaran remedial dan tujuan  pengajaran remedial. Di tulisan ini akan dilanjutkan dengan topic fungsi pengajaran remedial, organisasi pengajaran remedial, langkah-langkah umum pengajaran remedial dan metode pengajaran remedial. Prof. Drs. H. Rosjidan, M.A pernah membahas pengajaran remedial ini dalam sebuah pelatihan di SD Al Hikmah Surabaya.
1.Fungsi Pengajaran Remedial
Ada 6 fungsi pengajaran remedial yang perlu diketahui dan dipahami oleh guru, yaitu:


a.fungsi korektif
bahwa melalui pengajaran remedial ini diharapkan dapat dilakukan perbaikan atau pembetulan terhadap sesuatu yang dipandang oleh guru masih belum mencapai apa yang diharapkan sesuai dengan proses belajar mengajar. Diantara yang diperbaiki dalam pengajaran remedial diantaranya:
  • perumusan tujuan
  • penggunaan metoda mengajar
  • cara-cara belajar
  • materi dan alat pelajaran
  • evaluasi
  • segi-segi pribadi siswa

b.fungsi pemahaman
Diharapkan melalui pengajaran remedial ini menjadikan guru, murid-murid dan pihak-pihak lainnya dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang murid. Yaitu pemahaman guru terhadap murid dari segala aspek. Demikian juga murid diharapkan dapat memahami dirinya secara tepat.

c.fungsi penyesuaian
Dengan pengajaran remedial ini diharapkan murid dapat lebih baik menyesuaikan diri terhadap tuntutan kegiatan belajar. Dan pada akhirnya murid dapat belajar sesuai dengan keadaan dan kemampuan pribadinya, yang memberi peluang untuk berkembang jauh lebih baik.

d.fungsi pengayaan
Maksud dari pengajaran remedial adalah pengajaran remedial dapat memperkaya proses belajar mengajar. Materi yang tidak disampaikan di pengajaran regular dapat disampaikan di pengajaran remedial.

e.fungsi akselerasi
Adalah pengajaran remedial dapat mempercepat proses belajar baik dalam arti waktu maupun materi.

f.fungsi terapi
Secara langsung maupun tidak langsung, pengajaran remedial dapat menyembuhkan atau memperbaiki kondisi-kondisi kepribadian murid yang ditegarahi terjadi penyimpangan. Proses penyembuhan kondisi tersebut-kepribadian-akan menunjang pencapaian prestasi belajar.

Keenam fungsi pengajaran remedial di atas menjadi pemahaman para guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Guru yang baik tidak pernah berhenti hanya selesai pelajarannya karena waktu habis. Tapi guru galau susah karena murid belum bias, sehingga dicari cara bagaimana murid bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar