sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Sabtu, 13 September 2014

Mahasiswaku Asa Pendidikan Masa Depan


17 Agustus 2014 adalah hari bersejarah bagi mahasiswaku. Tentu bersejarah pula bagi Bangsa Indonesia. Bagi mahasiswaku menjadi hari pertama perkuliahan di STKIP Al Hikmah. Dengan ditandai upacara pengibaran bendera Merah Putih, HUT RI ke-69 diperingati oleh seluruh siswa, mahasiswa dan jajaran guru Al Hikmah. Hari pertama di kampus ini menjadi hari yang harus memisahkan dengan keluarga tercinta karena mereka harus langsung tinggal di mahad selama kuliah. Sedangkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia sebagai tonggak sejarah yang terus terulang untuk merefleksi merdeka dari kebodohan, keserakahan, dan kesektarian menuju satu visi: INDONESIA MAJU ADIL & MAKMUR. 



Hanya 27 mahasiswa dari berbagai pelosok daerah di Jawa Timur yang terpilih sebagai mahasiswa yang mendapat beasiswa penuh, kuliah dan tinggal di mahad selama 4 tahun. Mereka telah menyisihkan +200 peserta lainnya yang minat pula menjadi guru. Kompetensi yang baik(baca:cerdas) dan minat menjadi guru merupakan syarat utama masuk STKIP Al Hikmah. Dengan raw input yang baik insyallah dengan mengikuti program di mahad akan menjadi guru yang cerdas dan berakhlak mulia. Yang dibangun di mahad bukan “karakter” pada umumnya menjadi orang yang baik. Namun, Akhlak yang sempurna yaitu:

1.   Akhlak kepada Allah dan Rasulnya (taat beribadah mengikuti Qur’an & Sunah Nabi)
          2. Akhlak kepada Orangtua & Guru(hormat dan patuh)
3. Akhlak kepada Sesama(bermanfaat/beramal baik)
      4.. Akhlak kepada Lingkungan(menjaga & merawat)
5. Akhlak kepada Diri sendiri

 Akhlak di atas akan menjadi kebiasaan mereka, mahasiswa STKIP Al Hikmah pada rajin ibadah; sholat fardhu berjamaah di shaf I, sholat tahajud, tilawah Qur’an, dan puasa Senin-Kamis. Sedangkan yang lain yang juga dikembangkan yaitu cerdas,  baca buku setiap hari.

Sebagai guru mereka dituntut untuk menguasai materi perkuliahan sehingga ketika saat mengajar nantinya mereka menjadi guru terampil. Untuk itu mereka sedini mungkin sudah diterjunkan di sekolah lab.SMP & SMA Al hikmah baik kegiatan observasi maupun magang. Tagihan yang lain adalah mereka harus juga hafal 10 juz. Berbekal hafal kalamullah akan dapat menyinari perilaku mereka sebagai guru berakhlak karimah.

Melihat wajah-wajah mahasiswaku tahun akademik 2014-2015 di tahun pertama ini, muncul asa yang besar bahwa guru cerdas dan berakhlak mulia akan lahir di STKIP Al Hikmah. Menyambut dan menghadapi abad 21 menyiapkan Indonesia Emas di tanah air tercinta tumpah darahku. Ayo Maju!

2 komentar: