sepirite...

Membaca membuka cakrawala berpikir,menulis pengikat ilmu dan warisan kan dikenang

Senin, 26 Januari 2015

Sekolah yang Bermutu

(sekolah efektif)


Masyarakat terdidik dari sekolah, karena sekolah merupakan pusat pendidikan formal. Maka sekolah harus didorong untuk memberikan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas melahirkan manusia-manusia yang berkualitas, baik karakter maupun kecerdasannya. Contoh produk pendidikan karakter adalah ketika masih kanak-kanak suka berkelahi, tidak mau kalah-ingin selalu menang-dan gampang menyerah. Diubah menjadi bersosialisasi yang baik, dengan berteman, saling mengasihi, menghormati, empati, rela berkorban dan memiliki sikap belajar yang baik, ingin tahu tinggi dan semangat tinggi(kerja keras). Berikutnya contoh produk pendidikan kecerdasan adalah anak-anak belum peka pada lingkungan diubah menjadi peduli pada lingkungan. Mampu mengumpulkan fakta-fakta pencemaran dilingkungan sekitarnya. Kemudian mencari masalah dan penyebabnya, menganalisis, menyimpulkan dan memberikan solusi dalam mengatasi masalah lingkungannya.


Dalam buku berjudul “The Economics of Education” karya Prof.Dr.Veithzal Rivai Zainal dkk mengutip pernyataan Frymer, dkk dalam bukunya “One Hundred Good Schools” menyebutkan sekolah yang efektif memiliki 12 ciri yaitu:
1.sekolah sebagai bagian dari program pendidikan masyarakat luas;
2.tujuan-tujuan sekolah memenuhi unsur-unsur komprehensif, seimbang, realistik, dan difahami, dan tujuan tersebut terserap dalam kegiatan sekolah;
3.sekolah mempunyai pertanggungjawaban untuk perencanaan program yang dilakukan oleh personel sekolah sendiri;
4.iklim sekolah yang bersahabat, humor sehat, sibuk dan anggota sekolah dan staf secara umum melakukan kerja sebagai tantangan dan kepuasan;
5.bervariasinya mode dan sumber mengajar yang digunakan secara tepat untuk tujuan pembelajaran;
6.unjuk kerja murid mengarah pada semua tujuan sekolah yang dievaluasikan secara umum memuaskan;
7.murid berpartisipasi penuh dan bersemangat dalam berbagai kegiatan yang diberikan oleh sekolah dan masyarakat;
8.orangtua dan masyarakat lain dari komunitas sekolah berpartisipasi penuh dan bersemangat dalam memberikan kesempatan bagi lingkungan mereka dalam program pendidikan;
9.perpustakaan dan pusat belajar lain secara luas dan efektif digunakan oleh murid;
10.program sekolah memberikan kemajuan alami bagi pelajar dari tergantung kemandiriannya;
11.kepala sekolah merupakan pemimpin yang berpengaruh dan berkolaborasi secara efektif dalam sekolah dan masyarakat;
12.guru-guru sekolah tampak melakukan pembaharuan dan perbaikan secara kontinyu.

Dan dari pengalaman mengelola sekolah dan memberikan konsultasi serta bimbingan bahwa sekolah akan memiliki tren kemajuan(baca:efektif) ketika:
Sekolah memiliki guru-guru yang baik, kepala sekolah yang berkualitas, dan yayasan/Dinas yang kondusif, mendukung dan mendorong pada kemajuan.

Guru-guru yang baik

  • Berakhlak atau berkarakter kuat
  • Cerdas dan luas pengetahuannya
  • Semangat mendidik dan membimbing muridnya
  • Terampil menyampaikan dan mengajar
  • Selalu belajar dan menambah ilmu

Kepala sekolah berkualitas

  • Pemimpin spiritual yang berakhlak tinggi
  • Cerdas dan luas pengetahuannya
  • Semangat dan kreatif untuk memajukan sekolah
  • Terampil mengelola SDM dan memimpin sekolah
  • Pemberi contoh dalam kebaikan

Yayasan/Dinas yang kondusif

  • Memberi kesempatan luas dalam pengelolaan pendidikan
  • Mendukung dalam materiil maupun spirituil
  • Mendorong kepemimpinan yang efektif di sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar