Masyarakat terdidik dari sekolah, karena sekolah merupakan
pusat pendidikan formal. Maka sekolah harus didorong untuk memberikan
pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas melahirkan
manusia-manusia yang berkualitas, baik karakter maupun kecerdasannya. Contoh
produk pendidikan karakter adalah ketika masih kanak-kanak suka berkelahi,
tidak mau kalah-ingin selalu menang-dan gampang menyerah. Diubah menjadi
bersosialisasi yang baik, dengan berteman, saling mengasihi, menghormati,
empati, rela berkorban dan memiliki sikap belajar yang baik, ingin tahu tinggi
dan semangat tinggi(kerja keras). Berikutnya contoh produk pendidikan
kecerdasan adalah anak-anak belum peka pada lingkungan diubah menjadi peduli
pada lingkungan. Mampu mengumpulkan fakta-fakta pencemaran dilingkungan
sekitarnya. Kemudian mencari masalah dan penyebabnya, menganalisis,
menyimpulkan dan memberikan solusi dalam mengatasi masalah lingkungannya.
Dalam buku berjudul “The Economics
of Education” karya Prof.Dr.Veithzal Rivai Zainal dkk mengutip pernyataan
Frymer, dkk dalam bukunya “One Hundred Good Schools” menyebutkan sekolah yang
efektif memiliki 12 ciri yaitu:
1.sekolah sebagai bagian dari
program pendidikan masyarakat luas;
2.tujuan-tujuan sekolah memenuhi
unsur-unsur komprehensif, seimbang, realistik, dan difahami, dan tujuan tersebut
terserap dalam kegiatan sekolah;
3.sekolah mempunyai
pertanggungjawaban untuk perencanaan program yang dilakukan oleh personel
sekolah sendiri;
4.iklim sekolah yang bersahabat,
humor sehat, sibuk dan anggota sekolah dan staf secara umum melakukan kerja
sebagai tantangan dan kepuasan;
5.bervariasinya mode dan sumber
mengajar yang digunakan secara tepat untuk tujuan pembelajaran;
6.unjuk kerja murid mengarah pada
semua tujuan sekolah yang dievaluasikan secara umum memuaskan;
7.murid berpartisipasi penuh dan
bersemangat dalam berbagai kegiatan yang diberikan oleh sekolah dan masyarakat;
8.orangtua dan masyarakat lain dari
komunitas sekolah berpartisipasi penuh dan bersemangat dalam memberikan
kesempatan bagi lingkungan mereka dalam program pendidikan;
9.perpustakaan dan pusat belajar
lain secara luas dan efektif digunakan oleh murid;
10.program sekolah memberikan
kemajuan alami bagi pelajar dari tergantung kemandiriannya;
11.kepala sekolah merupakan pemimpin
yang berpengaruh dan berkolaborasi secara efektif dalam sekolah dan masyarakat;
12.guru-guru sekolah tampak
melakukan pembaharuan dan perbaikan secara kontinyu.
Dan dari pengalaman mengelola
sekolah dan memberikan konsultasi serta bimbingan bahwa sekolah akan memiliki
tren kemajuan(baca:efektif) ketika:
Sekolah memiliki guru-guru yang
baik, kepala sekolah yang berkualitas, dan yayasan/Dinas yang kondusif,
mendukung dan mendorong pada kemajuan.
Guru-guru
yang baik
- Berakhlak atau berkarakter kuat
- Cerdas dan luas pengetahuannya
- Semangat mendidik dan membimbing muridnya
- Terampil menyampaikan dan mengajar
- Selalu belajar dan menambah ilmu
Kepala
sekolah berkualitas
- Pemimpin spiritual yang berakhlak tinggi
- Cerdas dan luas pengetahuannya
- Semangat dan kreatif untuk memajukan sekolah
- Terampil mengelola SDM dan memimpin sekolah
- Pemberi contoh dalam kebaikan
Yayasan/Dinas
yang kondusif
- Memberi kesempatan luas dalam pengelolaan pendidikan
- Mendukung dalam materiil maupun spirituil
- Mendorong kepemimpinan yang efektif di sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar