Pengertian
Adalah segala usaha yang diarahkan
untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta
dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan.
Tujuan
1.
Mewujudkan
situasi dan kondisi kelas yang konduksif sebagai lingkungan belajar
2.
Menghilangkan
berbagai hambatan yang menghalangi terwujudnya interaksi
belajar mengajar
3.
Menyediakan
dan mengatur fasilitas belajar
4.
Membina
dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang
Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas
1. Peran
sebagai Pengajar/Instruksional
Peran yang mewajibkan guru untuk
menyampaikan sejumlah materi pelajaran sesuai dengan kurikulum berupa
informasi, fakta tugas dan ketrampilan siswa.
Beberapa yang dilakukan guru:
a.
Menyusun
program pengajaran
b.
Membuat
persiapan mengajar untuk tiap bahan kajian
c.
Menyiapkan
alat peraga atau media
d.
Menyiapkan
program lain, remedial, pengayaan, ekstra dll
2. Peran
sebagai Pendidik/Educational
Dalam hal ini peran guru adalah
membentuk sikap, mental dan watak siswa. Perhatian guru yang lebih pada sikap,
tingkah laku, ketertiban dan kedisiplinan.
3. Peran
sebagai Pemimpin/Managerial(keteladanan)
Guru adalah pemimpin dan penanggung
jawab utama kelasnya. Oleh karena itu guru harus mengadakan hubungan dengan
sekolah lain, masyarakat sekitar dan sumber daya yang ada. Sementara yang
berkaitan dengan tata usaha dan administrasi kelas ( managerial kelas ).
Kemampuan yang harus dimiliki guru:
a. Menguasai
kurikulum
b. Menguasai
materi pelajaran
c. Menguasai
metoda dan evaluasi belajar
d. Setia
terhadap tugas
e. Disiplin
dalam arti luas
Tehnik
membina disiplin kelas:
a.
Pendekatan ada 2 yaitu:pemberian
bimbingan & evaluasi pada diri sendiri
b. Tehnik-tehnik yang digunakan : tehnik
keteladanan guru, tehnik bimbingan guru, tehnik pengawasan bersama.
Aspek-Aspek
Pengelolaan Kelas
1.
Mengecek
kehadiran siswa
2.
Mengumpulkan
hasil pekerjaan siswa dan menilai hasil pekerjaan
3.
Pendistribusian
bahan dan alat
4.
Mengumpulkan
informasi dari siswa
5.
Mencatat
data
6.
Pemeliharaan
arsip
7.
Menyampaikan
materi pelajaran
8.
Memberi
tugas
Pendekatan
dalam Pengelolaan Kelas
1. Komando
atau perintah
2. Pemberian
sanksi
3. Demokratif
4. Akal
sehat
5. Instruksional
6. Motivasi
7. Sosio-emosional
8. Kerja
kelompok
Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah
Komponen-komponennya:
1.
Siswa
meliputi:
-
Kemampuan
-
Lingkungan
-
Intelegensi,
kepribadian, bakat dan minat
2.
Guru
meliputi:
-
Kemampuan
-
Latar
belakang pendidikan
-
Pengalaman
kerja
-
Beban
mengajar
-
Kondisi
social ekonomi
-
Motivasi
kerja
-
Komitmen
terhadap tugas
-
Disiplin
-
Kreativitas
3.
Kurikulum
meliputi:
-
Landasan
program dan pengembangan
-
GBPP
-
Metoda
-
Sarana
-
Tehnik
penilaian
4.
Sarpra
meliputi:
-
Media
belajar
-
Laboratorium
-
Perpustakaan
-
UKS
-
dll
5.
Pengelolaan
kelas:
-
Pengelolaan
kelas
-
Pengelolaan
guru
-
Pengelolaan
siswa
-
Pengelolaan
sarpra
-
Peningkatan
tata tertib
-
Kepemimpinan
6.
PBM
-
Penampilan
guru
-
Penguasaan
materi/kurikulum
-
Penggunaan
metoda
-
Pendayagunaan
media mengajar
-
Penyelenggaraan
PBM dan evaluasi
-
Pelaksanaan
kurikuler dan ekskul
7.
Pengelolaan
dana:
-
RAPBS
-
Penggunaan
dana
-
Laporan
-
Pengawasan
8.
Supervisi
dan monitoring
-
KS
supervisor di sekolah
-
PS
sebagai supervisor
-
Pembina
9.
Hubungan
sekolah dan lingkungannya
-
Hubungan
sekolah dengan orang lain
-
Hubungan
sekolah dengan instansi pemerintah
-
Hubungan
sekolah dengan dunia usaha dan tokoh masyarakat
-
Hubungan
sekolah dengan lembaga lainnya.
*Disarikan dari sebuah buku
Tidak ada komentar:
Posting Komentar